POPULAR STORIES

Ganjil Genap Akan Berlaku Di Jalur Puncak

Ganjil Genap Akan Berlaku di Jalur Puncak Kemacetan Jalur Puncak (ist)

KabarOto.com - Sejak beberapa dekade lalu, hingga saat ini kawasan Puncak, Jawa Barat masih jadi salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Puncak yang letaknya cukup dekat dengan ibu kota Jakarta, membuatnya mudah untuk dituju. Apalagi telah tersedia akses tol, sehingga mempersingkat waktu.

Namun lain halnya bila masa liburan telah tiba, kemacetan kerap terjadi di jalur Puncak, sehingga menjadi momok yang menyebalkan bagi pengendara, bahkan bisa terjebak hingga berjam-jam.

Guna mengurai kemacetan di kawasan Puncak, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor rencananya akan memberlakukan sistem ganjil genap.

Baca Juga: Tumbangkan Conor McGregor Di UFC, Ini Mobil Andalan Khabib Nurmagomedov

Sistem satu arah

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hasby Ristama mengungkapkan, penerapan ganjil genap di Jalan Raya Puncak Bogor baru sekadar usulan. “Rencana penerapan ganjil genap ke depannya akan dibahas bersama pihak kepolisian, pemerintah daerah dan kementerian terkait,” kata Hasby dalam keterangannya.

Menurut Hasby, kawasan Puncak Bogor memungkinkan untuk diterapkannya sistem ganjil genap. Apalagi setiap akhir pekan jumlah kendaraan melintas jalur Puncak mencapai 40 ribu unit.

“Sedangkan kapasitas jalur Puncak sepanjang 21 kilometer sekitar 20 ribu kendaraan, perbandingan jumlah dan kapasitas berbeda jauh,” ungkap dia.

Baca Juga: Shell Klaim Pelumas Mereka Cocok Untuk Mesin Bahan Bakar Biodiesel

Ia juga menyatakan, selama 31 tahun Polres Bogor hanya menerapkan sistem satu arah guna mengurangi kemacetan. Sitem ini dianggap sudah tidak relevan mengatasi kemacetan di wilayah Puncak Bogor.

Meski demikian, Hasby mengaku, saat ini Polres Bogor baru akan mematangkan wacana sistem ganjil genap lintas instansi kepolisian, pemerintah daerah dan kementerian. Sistem ganjil genap jalur Puncak hanya berlaku pada kendaraan pribadi dan kendaraan berpelat di luar Bogor (F).

“Wacana ini pun mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan maupun Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), ke depannya rencana ganjil genap akan dikaji bersama-sama,” ungkapnya.