Ganteng Doang? Modifikasi BMW 528i Ini Pakai Parts M5 Dan Ganti Mesin

Ganteng Doang? Modifikasi BMW 528i Ini Pakai Parts M5 dan Ganti Mesin

KabarOto.com - Alasan orang yang memilih BMW seri 5 salah satunya senang dengan dimensi dan kontur bodi yang pas, karena tidak terlalu besar seperti BMW seri 7, namun relatif lebih kekar daripada BMW seri 3.

Setidaknya itu yang ada di benak pemilik BMW E39 528i lansiran 1997 ini. “Saya memang menangani modifikasi untuk tim balap, tapi untuk urusan mobil pribadi saya tidak mau tampil terlalu ekstrim dari segi penampilan. Lagipula, mobil ini masih saya gunakan untuk keperluan sehari-hari,” tutur pria yang memiliki hobi olahraga itu.

Satu set pelek Hamann PG2 berdiameter 19 inci berwarna hitam beraksen polished pada bagian bibir pelek, melengkapi aplikasi body-kit M Tech yang merupakan identitas sebuah sedan Eropa berperforma tinggi dan agresif.

Kemudi orisinal BMW E39 M5 menggantikan setir standar dari mobil ini, hingga ketika melihat secara detail pada spidometer cluster di bagian dasbor mobil ini. Sepasang jok semi-bucket Recaro SR3 telah mengalami re-trim agar senada dengan nuansa kabin yang didominasi oleh warna abu-abu khas BMW.

Baca Juga: BMW 320i (E36) 2004 – Transplantasi Jantung BMW M3

Satu set cakram serta kaliper dari manufaktur Brembo dengan spesifikasi 4 piston didaulat untuk membantu performa deselerasi lebih cepat dari perangkat rem standar yang hanya memiliki 2 piston saja.

Sokbreker dari STD yang 86% materialnya terbuat dari bahan molybendum pun didaulat menopang kaki-kaki. Bahan tersebut diklaim memiliki resistensi tinggi terhadap kondisi panas sehingga tidak akan mengubah atau mempengaruhi struktur suspensi menjadi lembut atau berubah karakter/ konstruksinya.

Baca juga: Test Drive MINI John Cooper Works 2020 - Torehkan Predikat Tercepat Di Keluarga 3 Pintu

Mesin standarnya diganti dengan M62B40, namun modifikasi internal terbilang relatif ringan karena aplikasinya sendiri yang masih digunakan sebagai kendaraan operasional sang pemilik sehari-hari.

Bagian transmisi pun telah dikonversi dari otomatis menjadi manual untuk mendapatkan akselerasi spontan & responsif. “Awalnya saya menggunakan transmisi otomatis, namun saya pikir kenapa enggak sekalian di konversi saja ke manual. Potensi mesin M62B40 yang awalnya sudah memiliki tenaga 284 daya kuda pasti lebih asik lagi," tutupnya.

Spesifikasi

Eksterior:
- M Tech body-kit

Kaki-kaki:
- Pelek Hamann PG2 19 x 8,5-9,5 inci
- STD coilover suspension
- Brembo 4 pot braking system
- LSD
- Ban Achilles 235-35-19 + 275-30-19

Interior:
- Jok Recaro SR3
- Setir BMW M5
- Spidometer BMW M5

Mesin:
- M62B40 ported & polished cylinder head
- Konversi 5-percepatan manual