POPULAR STORIES

Ganti Ban Cadangan Saat Perjalanan Mudik, Begini Tahapannya

Ganti Ban Cadangan Saat Perjalanan Mudik, Begini Tahapannya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Musibah seperti kondisi ban bocor di tengah perjalanan memang tidak bisa diprediksi, oleh karena itu sebagai pemilik mobil yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, harus bisa mengerjakan penggantian ban cadangan sendiri saat darurat.

Berikut langkah mengganti ban cadangan dengan aman yang harus Sobat KabarOto lakukan. "Sebenarnya mengganti ban sendiri tidak sulit, asal tahu cara-caranya, dan urutannya, serta peralatan apa yang dibutuhkan," papar Alan Budi Nurhady selaku Kepala Bengkel Daihatsu Karawaci.

Nyalakan lampu hazard sembari menepi.

Baca Juga : Mesin Ngelitik Bisa Karena Isi BBM Oktan Terlalu Rendah Tuh Sob!

Lampu Peringatan

Berikan lampu peringatan agar pengendara lain tahu ada yang bermasalah dengan mobil Sobat KabarOto. Sembari menepi ke tempat yang lebih aman untuk melakukan penggantian ban.

Persiapkan Peralatan

Persiapkan alat untuk melakukan penggantian ban, pasang segitiga pengaman di jarak yang aman untuk memberi peringatan ke pengendara lainnya. Lalu turunkan ban serep, serta siapkan peralatan lain seperti dongkrak dan kunci baut roda.

Kendurkan Baut

Setelah semua siap, kendurkan baut lebih dahulu sebelum mobil didongkrak, lakukan dengan urutan menyilang jangan searah jarum jam. Serta jangan sampai baut lepas.

Dongkrak Mobil

Setelah baut kendur, Sobat KabarOto bisa menaikkan dongkrak, dan perlu diingat jangan asal menempatkan dongkrak. Ada titik tumpu yang sudah disediakan di setiap mobil. Pastikan posisi dongkrak lurus, dan permukaannya rata.

"Dongkrak harus posisi lurus. Karena kalau menyamping dikhawatirkan dongkrak bisa menumpu sempurna, dan dongkrak bisa jatuh saat mobil sudah dalam posisi terangkat," ujar Alan.

Lepaskan Ban Bocor

Setelah posisi mobil terdongkrak, lepaskan baut dan pastikan tempatkan baut di tempat aman agar tidak hilang. Lalu ban yang bocor diletakkan dengan posisi tidur, lebih baik di bawah mobil. Tujuannya agar ban tidak menggelinding, dan sebagai pengaman bila dongkrak jatuh, maka tumpuan tertahan di ban yang bocor.

Baca Juga : Mobil Tidak Dipakai Lama Harus Ganti Oli? Begini Jawabannya

Pasang Ban Cadangan

Setelah semua aman, pasang ban cadangan dan pasang baut roda dengan urutan menyilang, sehingga roda terpasang sempurna. Pada tahap ini tidak perlu mengencangkan baut, cukup dengan kekuatan tangan saja.

Urutan kencangkan baut roda.

Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

Setelah baut terpasang, singkirkan ban bocor tadi dari kolong mobil. Lalu turunkan dongkrak secara perlahan, setelah mobil menapak ke tanah, kencangkan baut roda menggunakan kunci roda dengan urutan menyilang. Kenapa baut dikencangkan saat mobil menapak tanah? Agar roda tidak ikut berputar ketika Sobat KabarOto kencangkan baut.

Simpan Ban Bocor dan Rapikan Peralatan

Langkah terakhir rapikan peralatan, dongkrak, segitiga pengaman, dan kunci roda ke tempatnya. Lalu simpan ban bocor di tempat ban cadangan. Pastikan tidak ada peralatan tertinggal.