POPULAR STORIES

Gara-gara Virus Corona, Penjualan Mobil Di Tiongkok Anjlok 80%

Gara-gara Virus Corona, Penjualan Mobil di Tiongkok Anjlok 80% Bloomberg, Reuters

KabarOto.com - Penjualan ritel mobil penumpang di Tiongkok mengalami penurunan besar sepanjang Februari 2020. Hal tersebut tak lain dikarenakan wabah virus Corona yang terjadi di pasar kendaraan roda empat terbesar di dunia tersebut.

Dilansir dari Reuters, menurut Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok (CPCA), secara keseluruhan penjualan mobil di Negeri Tirai Bambu ini turun 80 persen. Namun, tidak disebutkan berapa angka penjualan penuh selama bualn kedua tahun ini.

Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota melaporkan penjualannya selama Fabruari 2020 hanya sebanyak 23.800 unit, dan itu sudah termasuk Toyota dan Lexus. Angka tersebut, turun sebanyak 70 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Bila Tak Kantongi Izin Akibat Corona, IIMS 2020 Terancam Ditunda

Selain itu, pasar mobil terbesar di dunia ini juga bersiap untuk dampak yang lebih besar karena penyebaran Covid-19, yaitu terganggunya rantai pasokan global, dan mengurangi permintaan konsumen.

Saingan Toyota, General Motors (GM) sebagai produsen mobil asing terbesar kedua di Tiongkok mengatakan, industri otomotif Tiongkok akan menghadapi tantangan serius pada kuartal pertama tahun ini.

Pabrikan asal Amerika Serikat ini juga berharap, penjualan mobil di Tiongkok akan mengalami pertumbuhan di paruh kedua tahun ini.