POPULAR STORIES

Gara-gara Virus Corona, Polusi Udara Dunia Berkurang?

Gara-gara Virus Corona, Polusi Udara Dunia Berkurang? Foto: Kipli/Theguardian

KabarOto.com - Virus Corona atau Covid-19 yang telah jadi pandemi global membuat banyak negara membuat aturan untuk menghentikan kegiatannya baik skala kecil maupun besar. Tak terkecual masyarakat yang juga dianjurkan untuk tetap di rumah.

Pastinya, hal tersebut berpengaruh terhadap lingkungan sekitar sehingga jalanan menjadi sepi dan lengang, bahkan polusi di dunia dikatakan telah menurun oleh beberapa pihak.

Sejak berlakunya sistem work from home (WFH), sekolah di rumah, dan anjuran untuk #dirumahaja otomatis membuat jalanan yang biasa dipakai berlalu lalang ke kantor, sekolah, lain-lain menjadi sepi.

Baca Juga: Apresiasi Mekanik Bengkel, Valvoline Bagi-bagi Safety Kit Gratis Perangi Virus Corona

Artinya, penggunaan kendaraan jadi jauh berkurang, sehingga polusi yang ditimbulkan menyusut. Polusi di sini bukan hanya polusi udara, tapi juga air dan lainnya.

Meski perekonomian jadi cukup terganggu, tapi udara menjadi jauh lebih baik karena banyak orang beraktivitas dari rumah. Namun, diperkirakan presentase polusi yang menurun ini akan kembali naik setelah situasi kondusif.

Melansir dari web bike world, polusi di seluruh dunia yang sedang menurun ini tentu saja sangat baik, namun diprediksi akan segera kembali.

Ilmuwan lingkungan di Stanford University, Rob Jackson mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa ia tidak akan merayakan penurunan 1 atau 2% emisi, karena masalah polusi akan segera kembali.