POPULAR STORIES

Garansi Mobil Baru Bisa Hilang Karena Ini

Garansi Mobil Baru Bisa Hilang karena Ini

KabarOto.com - Saat pertama kali membeli mobil baru di diler resmi tentu konsumen akan mendapatkan garansi sebagai jaminan kualitas kendaraan.

Namun ada hal yang mambuat garansi tersebut hilang, dan ini harus diperhatikan oleh konsumen Suzuki dan juga konsumen merek lain. Totok Yulianto, Head of 4W Service Administration PT SIS memberikan beberapa kriteria yang membuat garansi hangus.

Baca Juga: Suzuki Intip Peluang Geser Posisi Honda Di Posisi Ketiga

Konsumen tidak melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Suzuki sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kenapa, karena merawat kendaraan di bengkel resmi sesuai dengan standar dan prosedur pabrikan.

Pengguna mobil yang melakukan perawatan rutin di bengkel resmi, tentu kerusakan yang terjadi bisa terdeteksi sejak dini, sehingga bisa dilakukan perbaikan langsung dan tepat oleh mekanik andal.

“Baca selalu buku petunjuk, agar tidak salah dan menghilangkan garansi,” terang Totok.

Kerusakan yang terjadi karena menggunakan suku cadang yang tidak asli atau KW. Selain itu juga modifikasi diluar standar bisa menghanguskan garansi.

Totok menambahkan, konsumen yang mengubah mesin, bodi, suku cadang, kelistrikan, nomor rangka, nomor mesin dan servis di luar bengkel resmi, akan menghilangkan garansi.

Jika komponen mobil rusak karena kecelakaan dan bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan tanah longsor juga akan menghanguskan garansi. Kendaraan yang mengalami aus atau rusak di permukaan cat karena benturan kerikil atau tergores baret juga tidak bisa diklaim.

Hal lainnya yang akan menghilangkan garansi adalah penggunaan kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi, kapasitas, dan kecepatan.

Baca Juga: Industri Otomotif Mulai Pulih, Suzuki Indonesia Optimis Tembus Target

Yang terpenting untuk dipahami adalah garansi suku cadang akan hilang jika rusak atau habis karena memang sudah digunakan. Karena suku cadang yang dipakai dalam kurun waktu lama akan habis, contoh seperti busi, saringan udara, ban, oli mesin, filter oli, V belt dan lain-lain.

Totok pun meminta agar konsumen memperhatikan buku pedoman dan kartu garansi, agar bisa melindungi kendaraan dengan baik.