POPULAR STORIES

Gaya Modifikasi Yang Bakal Eksis Pada 2020

Gaya Modifikasi yang Bakal Eksis Pada 2020 ilustrasi mobil modifikasi (KO/Edo)

KabarOto.com - Bila diperhatikan, tren modifikasi juga berubah-ubah seiring zaman, layaknya fashion. Pada 2020 mendatang, puluhan member National Modificator & Aftermarket Association (NMMA) yang terdiri dari para pemilik bengkel, pelaku, serta pengamat modifikasi memprediksi beberapa tren yang akan diminati.

Modifikasi stance akan tetap berkibar

Tahun depan, gaya modifikasi stance yang dianggap sebagai style abadi dalam modifikasi semakin diminati, karena saat ini semakin mudah mendapatkan komponen yang mendukung. Sebut saja air suspension merek-merek lokal yang makin menjamur dengan harga ekonomis.

Baca juga: Gandeng DSG Performance, Karma Body Kit Resmi Dijual Di Amerika Serikat

Selain itu, workshop bodi semakin terasah untuk meracik over fender atau wide body, dengan pengerjaan semakin cepat. Pilihan pelek custom dengan ukuran ban yang sesuai pun makin mudah dicari.

Kiblat modifikasi fender flares kit

Kemunculan body kit merek Karma yang menawarkan fender flares kit lokal pertama, membuat geliat aplikasi komponen serupa menyeruak di antara para pemain modifikasi. Tak hanya membeli kit utuh saja, namun banyak juga yang membuat versi custom-nya masing-masing.

Modifikasi pada Fender
Modifikasi pada fender

Dalam kontes modifikasi di beberapa kota, tren fender flares ini masih terus tumbuh. "Yang terpenting para modifikator Indonesia terpicu untuk membuat produk fender flares-nya sendiri dengan desain yang bagus. Maka tahun 2020 bukan tak mungkin banyak pemain modifikasi yang lebih bangga pakai aftermarket lokal," sebut Kiki Anugraha dari Karma Body Kit.

Warna-warna medium yang kalem semakin diminati

Tahun depan diprediksi warna-warna bodi berjenis pastel, satin, dan titanium akan ramai. Munculnya warna-warna medium ini tak hanya dipengaruhi beberapa pabrikan mobil untuk produk terbarunya, tetapi juga pengaruh dari gadget terkini, sebut saja iPhone 11 atau Samsung S10, menawarkan warna kalem dan berunsur modern.

"Warna seperti ice blue, grey, atau dark green rasanya akan banyak dipakai untuk menampilkan karakter yang soft," prediksi Tomy Gunawan, bos Tomi Airbrush yang membuka workhsop di Duri Kepa, Jakarta Barat.

Stance Masih Diminati
Stance bakal tetap diminati

Sistem all rounder audio yang simpel

Dengan semakin canggihnya gadget yang diiringi semakin advanced-nya sistem audio pada mobil-mobil terkini, optimalisasi sistem audio bakal mengarah pada gadget synchronize.

"Maksudnya pengguna nantinya cukup tambahkan digital sound processor yang built in dengan modul Bluetooth saja, sudah bisa meningkatkan kualitas suara audio secara signifikan, murah, dan tanpa potong kabel," bilang Pujiyanto Suryana, instalatur Music Art di MGK Kemayoran.

Pilihan velg flow forming semakin banyak

Pelek ini merupakan salah satu pengembangan dari jenis casting/cetak, yang dibuat melalui beberapa tahap. Dimulai melalui proses cetak, kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah pelek.

"Keuntungan proses ini membuat pelek lebih kuat, ringan, dan bulat yang membuat balancing roda jadi sempurna," jelas Wibowo Santosa, ahli ban dan pelek dari Permaisuri Ban, Mahakam, Jakarta Selatan.

Baca juga: Lihat Nih, Deretan Foto Mobil Keren Di IMX 2018

Metode pembuatan seperti ini sedang diminati banyak brand pelek yang dijual di Indonesia. Karena kualitasnya mendekati pelek forged namun dengan harga jauh lebih murah, apalagi pilihan offset-nya pun jauh lebih beragam dibanding pelek casting biasa.

Sudah siap mendandani mobil kesayangan Anda?