Gelar Rookie Of The Year MotoGP 2020 Jatuh Ke Brad Binder

Gelar Rookie of the Year MotoGP 2020 Jatuh ke Brad Binder

KabarOto.com – Berakhirnya seri MotoGP Portugal 2020 menandai rampungnya ajang balap MotoGP musim ini. Persaingan titel Juara Dunia sudah dipegang Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Runner-up adalah Franco Morbidelli (Petronas Yamaha Separng Racing Team).

Tapi ada persaingan antar pembalap baru di MotoGP 2020 yang tak bisa dipandang remeh. Ada tiga rookie yang ikut meramaikan balapan sepanjang musim 2020.

Ketiga pembalap tersebut adalah Brad Binder (Red Bull KTM), Alex Marquez (Repsol Honda) dan Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3).

Dari ketiga pembalap tersebut, Brad Binder yang berhasil menyabet gelar Rookie of the Year MotoGP 2020. Pembalap asal Afrika Selatan itu meraih 87 poin selama balapan di musim ini. selain itu, podium juga diraih saat GP Ceko, (9/8).

Baca Juga : Meski Tak Juara Dunia MotoGP, Fabio Quartararo Boyong BMW M2 CS

"Akhirnya rookie of the Year bisa diraih, memang menjadi tujuan sejak awal musim. Musim yang luar biasa terkadang di atas dan bisa di bawah hasilnya!" ujar Binder.

Kemenangan tersebut juga merupakan penampilan terbaik Binder selama tahun ini. karena setelah meraih podium itu Binder selalu gagal finis di tiga besar.

Meski gagal finis pada MotoGP Portugal (22/11) lalu, posisi Binder di klasemen tidak tergeser. Binder lebih unggul dari Alex dan Iker. Bahkan, sebelumnya Alex menjadi calon terkuat sebagai Rookie of the Year. Dan Alex merupakan juara dunia Moto2 2019 sebelum memulai karirnya di MotoGP.

Terlepas dari prestasi di Moto2, saat menjalani karir di MotoGP performa dari Alex sendiri mengalami pasang surut. Untuk prestasi terbaik dari adik Marc Marquez itu saat finis di podium kedua saat MotoGP Prancis dan MotoGP Aragon.

Alex sendiri mengkoleksi 74 poin dan berada di posisi ke-14 di klasemen MotoGP 2020. Berbeda dengan kedua pembalap tadi, Iker sendiri tidak bisa tampil apik. Pencapaian terbaik pembalap 20 tahun itu saat finis di urutan ke-9 di MotoGP Austria dan MotoGP Teruel. Pada akhirnya, Iker hanya koleksi 27 poin dan menempati posisi ke-20 di klasemen musim 2020.