Geneva Motor Show 2020 Dibatalkan, Ini Yang Dilakukan Pabrikan Otomotif

Geneva Motor Show 2020 Dibatalkan, Ini yang Dilakukan Pabrikan Otomotif

KabarOto.com - Geneva International Motor Show 2020 seharusnya dibuka khusus untuk jurnalis hari Rabu (3/3), kemudian pada tanggal 5 Maret sudah terbuka untuk umum dan dinikmati oleh para pecinta otomotif dunia. Sayangnya, ajang ini dibatalkan dan bagaimana nasib produk-produk baru dari berbagai pabrikan otomotif?

Hal ini akibat beberapa waktu lalu Pemerintah Swiss berusaha mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 sehingga membatalkan acara akbar tersebut. Keputusan tersebut telah diumumkan pada hari Jumat lalu (28/2).

Baca Juga: Virus Corona Menyebar Di Eropa, Geneva Motor Show 2020 Gagal Digelar

"Mengingat situasi saat ini dan penyebaran virus Corona, Dewan Federal telah mengategorikan situasi di Swiss sebagai 'khusus' dalam hal Undang-Undang Epidemi. Acara berskala besar yang melibatkan lebih dari 1.000 orang harus dilarang," kata kabinet pemerintah Swiss, seperti dikutip dari Autocar.

Ilustrasi penyelenggaraan Geneva Motor Show

Covid-19 tidak menyebar melalui udara, walau begitu lokasi berkerumun di negara atau kota yang mewabah lebih berisiko. Tidak hanya Asia, beberapa negara di Eropa juga mewabah Covid-19 seperti di bagian utara Italia yang mengakibatkan museum Piaggio ditutup.

Fotografer otomotif, George William pada hari Selasa (3/3) tepat jadwal seharusnya Geneva Motor Show 2020 berlangsung mengunjungi lokasi acara. Saat ia datang, para pekerja tengah membongkar stan dan mengangkut kendaraan-kendaraan yang sudah terpajang cantik.

Baca Juga: Duh! Akibat Virus Corona, MotoGP Qatar 2020 Dibatalkan

Salah satu pabrikan otomotif yang dikabarkan bakal meluncurkan produk baru

Batalnya pameran otomotif terbesar di Eropa tentunya cukup membuat para pabrikan otomotif kalang kabut. Mereka dengan sigap dan segera memindahkan kendaraan yang seharusnya diluncurkan dan dipamerkan kepada pengunjung. Kabarnya, sebagian besar peluncurannya dilakukan secara online atau berpindah lokasi.

Tak jadi di Geneva Motor Show 2020, Peluncuran BMW i4 digeser ke markas BMW Group Design

Manufaktur asal Jerman, yakni BMW, memperkenalkan BMW i4 secara virtual di BMW Group Design, Jerman. Kemudian salah satu brand asal Inggris, Morgan, yang tadinya akan meluncurkan roadster empat silinder terbaru di Geneva Motor Show, berpindah ke Malvern sebuah kota kecil di Inggris. Tak sekadar memindahkan, mereka akan mengemudikan kendaraan tersebut dan membuat update di media sosial.

Tak hanya Geneva Motor Show 2020, beberapa agenda skala internasional otomotif lainnya turut mengalami hal serupa seperti MotoGP hingga Formula 1.