POPULAR STORIES

Virus Corona Menyebar Di Eropa, Geneva Motor Show 2020 Gagal Digelar

Virus Corona Menyebar di Eropa, Geneva Motor Show 2020 Gagal Digelar Geneva Motor Show

KabarOto.com - Tinggal hitungan hari, Geneva Motor Show 2020 sudah dipastikan batal digelar. Hal ini disebabkan semakin meluasnya wabah virus Corona di sejumlah negara kawasan Eropa, termasuk Swiss yang menjadi tuan rumah perhelatan tersebut.

Pihaknya tidak menggelar Geneva Motor Show 2020 karena khawatir virus berkode COVID-19 itu akan semakin meluas penyebarannya. Belum berselang lama, telah dipastikan sejumlah kasus Corona positif berjangkit di Jenewa serta beberapa bagian negara Swiss.

Sebelumnya, terdapat wabah Corona di bagian utara Italia yang berakibat dituutpnya museum Piaggio. Kemudian merembet juga kasus-kasus serupa lainnya di sejumlah negara Eropa. Geneva Motor Show 2020 awalnya dijadwalkan berlangsung mulai 3 Maret 2020, hari Rabu mendatang, sampai dengan 15 Maret 2020.

Pemerintah Swiss berupaya mencegah penyebaran wabah ini dengan melarang gelaran acara atau pertemuan yang berskala besar. Keputusan diumumkan pada hari Jum'at (28/2) pagi waktu setempat.

Baca Juga: BMW Seri 3 Bermesin Diesel Hadir Sebelum Geneva Motor Show

Direncanakan Volkswagen Golf GTI, GTE dan GTD meluncur di Geneva Motor Show 2020

“Mengingat situasi saat ini dan penyebaran virus Corona, Dewan Federal telah mengategorikan situasi di Swiss sebagai ‘khusus’ dalam hal Undang-Undang Epidemi. Acara berskala besar yang melibatkan lebih dari 1.000 orang harus dilarang,” kata kabinet pemerintah Swiss, seperti dikutip dari Autocar. “Larangan mulai berlaku segera dan akan berlaku setidaknya sampai 15 Maret,” lanjut pengumuman tersebut.

Geneva Motor Show telah menjadi salah satu pameran otomotif terbesar di dunia, yang rutin digelar setiap tahun di bulan Maret. Pameran ini bahkan menjadi agenda wajib pabrikan otomotif untuk memperkenalkan produk dan teknologi terbarunya, pertama kali di dunia.

Sejumlah perusahaan peserta pameran telah berubah pikiran dalam beberapa hari belakangan, menyusul perkembangan situasi virus yang cukup mematikan. Dalam pekan ini saja, perusahaan audio Harman menarik diri dari pameran, diikuti oleh perusahaan start-up kendaraan listrik, Byton.

Batalnya Geneva Motor Show Ke-90, maka akan banyak mobil baru yang harus menunda debut publiknya, seperti Aston Martin DBX dan Hyundai i20. Virus Corona telah menjadi momok baru untuk industri otomotif dunia.