BMW Seri 3 Bermesin Diesel Hadir Sebelum Geneva Motor Show

BMW Seri 3 Bermesin Diesel Hadir Sebelum Geneva Motor Show Sumber Foto : BMW

KabarOto.com – Varian BMW Seri 3 kini makin berwarna, setelah varian 330i M Sport kali ini varian BMW M340d xDrive Sedan dan M340d xDrive Touring bermesin diesel hadir sebelum ajang Geneva International Motor Show 2020.

Menggunakan mesin enam silinder segaris, 3.000 cc, TwinPower Turbo diesel mampu menghasilkan tenaga 335 dk dan torsi 700 Nm. Mesin ini menggunakan bahan aluminium untuk crankcase dan kepala silinder.

Selain itu, disematkan two-stage turbocharging system with optimized thermodynamics and direct charge charge air cooling. Penggunaan teknologi baru tersebut bertujuan agar tidak ada delay saat menginjak pedal gas. BMW klaim, torsinya muncul di rpm lebih rendah yaitu 1.750 rpm.

Baca Juga : Astra Auto Fest 2020 BSD Resmi Dibuka, Hadiah Hingga Rp 3,7 Miliar

Mesin ini juga mengusung teknologi baru yaitu mild-hybrid 48-volt dengan starter-generator yang mampu menambah tenaga 11 dk. Mild-hybrid ini mampu melakukan pengisian baterai saat deselerasi. Dari hasil tes, M340d xDrive sedang mampu melesat 0-100 kpj tuntas dalam 4,6 detik sementara yang versi Touring hanya 4,8 detik saja.

Dari hasil tes bahan bakar, BMW klaim untuk sedan mampu tembus 17,5 - 18,8 km/l. Hasil emisi gas buangnya sendiri 139 - 149 g/km, sementara untuk varian Touring 17,2 - 18,5 km/l dan untuk emisi gas buangnya 143 - 153 g/km.

Baca Juga : Mercedes-AMG GLE 63 4MATIC+ Coupé, Tambah Tenaga Tapi Tetap Efisien

Dalam keadaan standar kedua varian mendapatkan M Sport exhaust system diklaim sudah lulus dari uji emisi Euro 6d. Tenaga besar tadi disambungkan ke transmisi Steptronic Sport 8 percepatan dan disalurkan ke semua roda. Walaupun mengusung pengerak semua roda, tenaga lebih disalurkan ke roda belakang untuk memperoleh pengendalian yang lebih baik terutama saat menikung.

Varian Touring

Mobil ini juga sudah dilengkapi M Sport Suspension with Adaptive M Suspension, yang dapat diatur keras dan kelembutannya. Sektor rem menggunakan kaliper empat piston ukuran 348 mm untuk depan dan untuk belakang satu piston ukuran 345 mm.

Baca Juga : Alpina B3 Godaan Para Penggemar BMW M3

Dari eksterior, untuk varian sedan dan touring sudah mendapatkan bumper depan dan belakang model M Sport. Untuk bagian interior menggunakan jok model sporty, setir model M Sport, karpet dari M Sport dan interior dengan finishing ‘Aluminium Tetragon'.

Bicara soal harga, BMW belum menggumumkan secara resmi. Jadi bagaimana Sobat KabarOto tertarik jika varian ini masuk lagi ke Indonesia?