POPULAR STORIES

GIIAS 2023 Jadi Gambaran Industri Otomotif Masa Depan Indonesia

GIIAS 2023 Jadi Gambaran Industri Otomotif Masa Depan Indonesia Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka hari ini, Kamis (10/08/2023). Pameran ini menjadi gambaran industri otomotif di masa depan.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, asosiasi dan industri otomotif mendukung pencapaian net zero emission pada 2060, dengan beragam kehadiran kendaraan elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan.

"Rencana ini terlihat di GIIAS 2023, di mana pameran ini mengusung future now sebagai representasi masa depan otomotif Indonesia," jelas Nangoi.

Baca Juga: GIIAS 2023 Resmi Dibuka, Diharapkan Melebihi Transaksi Tahun Lalu

Peresmian GIIAS 2023

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, saat ini ada 21 manufaktur yang memproduksi kendaraannya di Indonesia, total sekitar 1,6 juta unit kendaraan.

"Kita menjadi negara ke-11 global yang memproduksi kendaraan di dalam negeri. Nomor 11 itu main sepakbola, kita mau main futsal, minimal naik menjadi di bawah 10 besar," ungkap Airlangga.

Diketahui, rangkaian pameran GIIAS 2023 The Series akan berlangsung pada empat kota di pulau Jawa, GIIAS Tangerang, 10 – 20 Agustus 2023 mengambil tempat di ICE – BSD City, Tangerang

Baca Juga: Noisekill NK-80 Air, Peredam Mobil Listrik Meluncur Di GIIAS 2023

Total ada 49 Merek kendaraan penumpang dan komersial yang diantaranya akan membawa kendaraan baru masing-masing, yaitu: Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Sementara itu, 5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek dari kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri dan lebih dari 100 merek industri pendukung otomotif.