POPULAR STORIES

Gokil! Toyota Trueno Ini Ditawar Rp 1,7 Miliar

Gokil! Toyota Trueno Ini Ditawar Rp 1,7 Miliar Toyota AE86 Trueno (KO/Edo)

KabarOto.com - Bila Anda seorang car enthutiast sejati, rasanya pasti kenal dengan mobil ikonik yang satu ini. Ya! dia adalah Toyota AE86 Trueno, yang telah malang melintang di dunia balap, dan makin menjadi sosok idola setelah memerankan tokoh utama di film Initial D.

Sosok AE86 Trueno memang mampu menyihir siapa saja, termasuk Jacki Suwandi yang memodifkasi mobilnya hingga persis seperti Trueno di film Initial D.

"Ya saya memang terinspirasi Trueno di film tersebut, namun dengan sentuhan yang sedikit berbeda," ujar jacki saat ditemui KabarOto di sela pameran Indonesia Modification Expo 2018.

Baca Juga: Mitsubishi Evolution X Ini Full Kompetisi Meski Tampang Kalem

Yang membuat mobil ini semakin istimewa, di samping keberadaan unitnya yang memang langka di Indonesia adalah, Jacky menggunakan komponen atau part yang dalam kondisi baru (New Old Stock) di hampir semua bagian mobilnya.

Seperti lampu-lampu, setir, cup holder yang merupakan versi limited Initial D, hingga pelek Watanabe type F ring 14. Pelek ini sendiri didapat masih dalam kondisi NOS, padahal diproduksi dari tahun 1981.

"Saya hunting dan simpan part-nya sudah dari bertahun-tahun yang lalu, kebanyakan dapat di Jepang tapi ada juga dari negara lain," jelas Jacki.

Menariknya lagi, proses pengerjaan mobil ini dari kondisi nol sampai jadi hanya memakan waktu 3,5 bulan. Padahal di Jepang sendiri menurut Jacky, membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk membangun sebuah Trueno.

Mesin 4A-GE legendaris super-kinclong dengan konsep wire tuck

Salah satu bagian paling menarik dari mobil ini adalah kompartemen mesinnya, bersih dan kinclong! "Saya memang mengadopsi sistem wire tuck, sehingga tidak ada kabel yang melintang, namun kabelnya tidak ditaruh di dalam fender seperti kebanyakan loh," ujar Jacki.

Interior dibuat semirip mungkin dengan versi film

Dengan kondisi seperti ini, tak heran banyak orang yang kagum dibuatnya. Bahkan ada salah seorang pengunjung IMX 2018 yang lantas menawar mobil ini hingga Rp 1,7 miliar. "Awalnya ada yang nawar Rp 800 jutan, lalu Rp 1,3 miliar dan terakir Rp 1,7 miliar ini," ujar Jacki.

Baca Juga: Ini Dia Mobil Kinclong Juara Kontes Juara Turtle Wax Shine Award 2018

Ditawar dengan harga yang fantastis tak lantas membuat Jacki terburu-buru untuk menjual Trueno kesayangannya.

"Saya pikir dulu. Sebetulnya bukan masalah nilai uang, tapi apakah saya masih bisa dapat bahan Trueno lagi atau tidak. Saya masih simpan stok suku cadang dan aksesori asli untuk bangun 3 Trueno lagi," ujarnya.

Mantap!

Stiker samping juga dibuat identik dengan versi filmnya