POPULAR STORIES

Gordon Murray T.33 Spider Meraung Ganas Dengan Mesin V12

Gordon Murray T.33 Spider Meraung Ganas dengan Mesin V12 Foto: Gordon Murray Automotive

KabarOto.com - Salah satu mahakarya otomotif dunia diluncurkan, inilah supercar Gordon Murray T33 Spider. Supercar baru dengan model spider, masih mengandalkan mesin sangar V12 n/a dari Cosworth, bisa menjerit hingga putaran mesin 11.000 rpm.

T.33 Spider dari Gordon Murray Automotive (GMA) menggabungkan desain T.33 yang indah dan tak lekang oleh waktu dengan pengalaman berkendara yang lebih imersif dan menarik. Dengan dua panel atap dapat dilepas, jendela belakang yang dapat dipasang, dan mesin Cosworth GMA.2 V12 di belakang kabin.

Dikembangkan secara paralel dengan T.33 dan berbagi konstruksi monokok serat karbon ultra ringan, T.33 Spider telah dirancang dengan cermat untuk menghadirkan kekakuan torsional luar biasa yang diperlukan untuk pengendaraan, penanganan, dan kelincahan yang luar biasa tanpa menambah bobot yang tidak perlu. Dalam mencapai semua target ini, dan dengan mengikuti tujuh prinsip inti GMA, T.33 Spider menetapkan tolok ukur baru untuk supercar terbuka.

Baca juga: Gordon Murray T.33 Tembus Di Harga Rp 26 Miliar

Pintu model gunting dan mesin di belakang kabin

"Kokpitnya yang terbuka dan mesin Cosworth GMA.2 yang luar biasa dan penempatan tepat di belakang kabin, Spider T.33 akan memberikan pengalaman berkendara yang benar-benar melibatkan yang tidak seperti yang lainnya. Spider unik di sektor supercar dalam menghadirkan penyimpanan di atap dan kapasitas bagasi 295 liter," ujar Gordon Murray menjelaskan detail superca T33 spyder.

Seperti yang dibuktikan oleh T.50 dan T.33, GMA tidak seperti produsen mobil lain karena merancang dan merekayasa supercar dengan caranya sendiri yang unik. Itu tidak mengikuti tren dan tidak mencari angka kinerja utama; tidak sekarang, tidak juga di masa depan. Alih-alih, fokusnya adalah mengambil kemurnian visi asli hingga produksi, tanpa kompromi.

Gordon Murray dan mobil rancangannya

Setiap elemen dari setiap mobil dirancang dan direkayasa sesuai dengan tujuh prinsip pendiri merek: Kesempurnaan Berkendara, Ringan, Seni Teknik, Merek Premium, Kembali ke Kecantikan, Eksklusivitas, dan Perjalanan Pelanggan yang dipersonalisasi.

Memanfaatkan semua pengalaman yang diperoleh dari karir merancang mobil balap ground-effect, Gordon Murray dan timnya mengembangkan aerodinamika T.33 Spider yang luar biasa tanpa menggunakan saluran, skirt, dan splitter yang mencolok yang biasanya digunakan di supercar lain.

Perangkat semacam itu akan membahayakan desain abadi, jadi sebagai gantinya, prinsip pertama digunakan untuk mengembangkan sistem Kontrol Lapisan Batas Pasif (PBLC) T.33 Spider. Diperkenalkan pada T.33, PBLC telah disempurnakan lebih lanjut untuk Spider.

Baca juga: Gordon Murray Automotive Akan Perkenalkan Fasilitas Dan Mobil Baru

Mengadopsi sistem rancangan ground effect di bagian bawah, sama seperti yang digunakan pada mobil F1 masa kini

Ground effect dari mobil F1 diaplikasikan, memudahkan alur rambatan angin dari bagian depan mobil mengarahkan udara bertekanan rendah di bawah lantai, yang kemudian dimasukkan ke dalam diffuser belakang dengan saluran pembuangan lapisan batas.

Dikombinasikan dengan spoiler belakang aktif yang dapat dipasang, PBLC memberikan keseimbangan ideal antara drag rendah, downforce tinggi, dan stabilitas kecepatan tinggi yang luar biasa, dengan atau tanpa memasang panel atap.

Untuk menghasilkan traksi dan respons kemudi yang diminta dari konfigurasi penggerak roda belakang, bersama dengan massa seminimal mungkin, T.33 Spider, seperti coupe, menggunakan spesifikasi roda dan ban asimetris. Gandar depan dan belakang masing-masing menampilkan roda 19 inci dan 20 inci aluminium tempa yang ringan, bersama dengan ban 235/35 ZR19 dan 295/30 ZR20 Michelin Pilot Sport 4 S.

Jok serat karbon yang ringan dan terinspirasi dari ras dipangkas dalam kombinasi kulit dan Alcantara

Sederhana, elegan, analog ada pada interior T.33 dengan mewujudkan kualitas yang menentukan ini dan menghadirkan lingkungan yang benar-benar berfokus pada pengemudi. Sesuai dengan supercar, titik fokus dari kluster instrumen adalah penghitung putaran, bahan bakar, dengan model analog yang dipasang di tengah.

Kontrol suhu kabin (AC) dan infotainment, dengan head unit dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Semua kontrol utama memiliki sentuhan yang indah, dengan roda kemudi serat karbon yang dilapisi kulit dan pedal berbobot sempurna, tuas perpindahan gigi, dan mesin switchgear dari paduan aluminium.

Jok serat karbon yang ringan dan terinspirasi dari ras dipangkas dalam kombinasi kulit dan Alcantara. Sebagai bagian dari pengalaman pelanggan, setiap mobil disesuaikan dengan sempurna untuk pemiliknya.

Salah satu fitur interior unik yang membedakan T.33 Spider dari coupe, adalah trim sekat belakang di antara kedua jok kini diwarnai sama dengan bodi. Dengan panel atap dilepas dan kaca belakang diturunkan, hal ini secara halus meningkatkan rasa keterbukaan melalui warna eksterior yang mengalir ke dalam kabin.

Terakhir adalah mesin Cosworth V12 bertenaga 608 dk pada 10.250-11.000 rpm dan torsi maksimal 451 Nm pada 4.500-10.500 rpm.

T.33 Spider akan diproduksi sebanyak 100 unit pertama di Highams Park, yang merupakan kantor pusat baru GMA di Windlesham di Inggris, dan masing-masing akan disesuaikan dengan kebutuhan khusus pelanggannya.