POPULAR STORIES

Gratis! Transjakarta Mulai Ujicoba Bus Listrik

Gratis! Transjakarta Mulai Ujicoba Bus Listrik Bus listrik BYD (KO)

KabarOto.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akhirnya melakukan ujicoba bus listrik di rute layanan, dengan mengangkut pelanggan mulai hari ini, Senin, 6 Juli 2020.

Rencananya, bus listrik tersebut akan menjalani uji coba selama tiga bulan ke depan. Adapun rute yang dilayani bus tanpa emisi tersebut adalah rute EV1 Balai Kota – Blok M.

Baca Juga: Helm Ternyata Ada Masa Berlakunya Sob!

Untuk layanan EV1, Transjakarta untuk awalnya mengoperasikan dua unit armada BYD untuk menguji kecocokan armada listrik di layanan Transjakarta.

"PT Bakrie Autoparts sebagai agen BYD di Indonesia, membawa bus single low entry tipe K9 dan bus medium tipe C6 pada uji coba ini," terang Humas Transjakarta.

Dua unit bus disediakan

Kedua bus BYD ini, memiliki daya baterai yang tahan lama dengan jarak tempuh diperkirakan mencapai 250 km sebelum baterainya harus diisi ulang, dengan durasi pengecasan kurang dari 4 jam setiap harinya.

Untuk kapasitas penumpang, Transjakarta tetap mengacu pada protokol Covid-19, di mana untuk bus single low entry memiliki kapasitas 25 orang baik untuk seat (duduk) maupun berdiri. Sedangkan untuk bus medium memiliki kapasitas sebanyak 11 orang dan tidak ada yang berdiri.

Layanan ini akan beroperasi setiap hari, mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB dengan headway atau jarak keberangkatan setiap 45 menit sekali dan berhenti di halte-halte Non-BRT di sepanjang rute Blok M hingga Balai Kota.

Baca Juga: Sudah Biasa Buat Supercar, Lamborghini Bikin Kapal

Menariknya, untuk menikmati layanan bus listrik pada rute EV1 masyarakat tidak dikenakan biaya namun, tetap diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam bus.

"Kami juga menghimbau pada pelanggan untuk terus bekerjasama dengan mematuhi batas jarak aman, yaitu minimal satu lengan tangan antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya. Jaga selalu kebersihan dengan rutin mencuci tangan di air mengalir," pungkas Humas Transjakarta.