Ground Clearance New Mitsubishi Xpander Cross Manual Dan CVT Berbeda, Ini Sebabnya

Ground Clearance New Mitsubishi Xpander Cross Manual dan CVT Berbeda, Ini Sebabnya Kipli, KabarOto

KabarOto.com - New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan untuk pasar Tanah Air saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Ada yang sedikit menyita perhatian KabarOto tentang mobil baru ini, yakni soal ground clearance-nya yang berbeda antara transmisi manual dengan CVT. Mengapa demikian?

Baca juga: First Drive - Jajal Singkat Fitur New Mitsubishi Xpander Cross di Berbagai Rintangan

Ditemui di kawasan Pusdik Lantas Polri (23/08), Muhammad Arif Dwianto selaku Head of Training Section PT MMKSI mengatakan bahwa ada struktur atau bentuk transmisi dari New Xpander Cross yang berbeda antara manual dan CVT.

"Ya, memang ada perbedaan ground clearance. Itu disebabkan oleh bentuk transmisi CVT yang lebih menjorok ke bawah, sedangkan yang manual tidak," buka Arif, sapaan akrabnya, ketika diwawancarai KabarOto.

Baca Juga: Hajar Batu Tanam Di Huta Tonga, Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar Kehilangan Tenaga

Hal itu lantas dijelaskan olehnya, bahwa dengan bentuk transmisi yang tak sama, CVT condong memiliki gundukan yang menyebabkan harus menggeser posisi cross member hingga engine guard.

"Jadi persoalannya bukan karena perbedaan bobot, namun lebih kepada struktur atau bentuk transmisinya yang membuat selisih sekitar 5 mm antara transmisi manual dan CVT," pungkasnya.

Seperti diketahui, bahwa New Mitsubishi Xpander CVT memiliki ground clearance 220 mm, sedangkan tipe transmisi manualnya memiliki tinggi 225 mm.