First Drive - Jajal Singkat Fitur New Mitsubishi Xpander Cross Di Berbagai Rintangan

First Drive - Jajal Singkat Fitur New Mitsubishi Xpander Cross di Berbagai Rintangan Foto: Kipli, KabarOto

KabarOto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) memboyong New Mitsubishi Xpander Cross dengan berbagai fitur baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 beberapa waktu lalu.

Kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini mendapatkan ubahan dari sisi eksterior, interior dan penambahan fitur baru. Bagian depan, mulai dari desain headlamp baru, gril baru, front under garnish dengan aksen silver metallic di bagian bawah kendaraan, sampai desain pelek dan lainnya.

Tim KabarOto pun memiliki kesempatan untuk menghadiri undangan PT MMKSI untuk menjajal singkat atau first drive New Mitsubishi Xpander Cross hari ini (23/08) di kawasan Pusdik Lantas Polri, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Berbagai rintangan atau obstacle pun dihadirkan oleh pihak MMKSI, untuk memaksimalkan potensi para test driver dalam menjajal performa Xpander Cross anyar tersebut.

Baca juga: Mengenal Kinerja Fitur AYC Pada New Mitsubishi Xpander Cross

Pengetesan dimulai dengan speed bump test, yakni deretan polisi tidur atau gundukan yang sengaja dibuat untuk dilewati mobil yang di tes. Dalam kecepatan normal melewati speed bump hingga 10 kpj, suspensi Xpander Cross anyar menunjukkan performa redaman yang baik tanpa ada gejala limbung.

Pengetesan dilanjutkan dengan memaksimalkan radius putar dari lingkaran kecil hingga lingkaran yang lebih besar. Mobil ini sanggup melahap tikungan tersebut tanpa kendala berarti.

Masuk ke zona selanjutnya, yakni speed test, KabarOto menginjak gas dalam-dalam di jarak sekitar 100 meter sebelum akhirnya melakukan late braking melewati genangan air pada kecepatan 75 kpj, ban masih tetap mendapatkan grip yang mumpuni meski genangan air cukup besar.

Baca Juga: Profil New Mitsubishi Xpander Cross, Ubahan Eksterior Dan Tambah Fitur Baru

Setelah melewati 2 kali zona speed test dengan kubangan air, KabarOto melewati noise test dengan gundukan yang lebih kecil dari yang ada di zona speed bumps, lagi-lagi performa kaki-kaki yang ditunjukkan saat melibas di kecepatan 50 kpj cukup baik untuk sebuah LMPV.

Sampailah di zona pengetesan Active Yaw Control (AYC) yang merupakan fitur yang baru disematkan pada mobil ini. KabarOto memutari lingkaran dengan kubangan air yang cukup besar. Sempat gaspol dan hampir cenderung slip, fitur secara otomatis mengambil alih untuk membuat mobil seperti understeer dan menahan throttle secara otomatis.

Hill hold control dan Hold Descent control pun sempat KabarOto tes di tanjakan dan turunan yang telah tersedia di kawasan tersebut. Mobil akan mundur secara perlahan ketika rem otomatis dilepas lewat dari 3 detik. Namun, hill descent control hanya akan otomatis mati ketika kita mulai menginjak pedal gas.

Bagaimana review dan test drive lengkapnya? Simak terus di KabarOto.com