Hankook Pasok Ban Performa Tinggi Untuk Mobil Listrik Premium, BMW I4 Jadi Yang Pertama

Hankook Pasok Ban Performa Tinggi untuk Mobil Listrik Premium, BMW i4 Jadi yang Pertama Ban Hankook (Hankook)

KabarOto.com - Hankook Tire akan menyediakan ban Original Equipment (OE) khusus kendaraan listrik premium. Semester pertama tahun 2022, Hankook mulai memasok ban OE untuk BMW i4, yaitu Gran Coupé bertenaga listrik dengan empat pintu, serta Mercedes Benz S-Class.

Yoonsoo Shin selaku CEO & Presiden Hankook Tire & Technology menjelaskan, mobil listrik umumnya lebih berat 10-20% dibandingkan mobil biasa karena menyimpan mesin berbasis baterai.

Menurutnya, hal tersebut membuat mobil listrik menghasilkan torsi yang lebih boros, terlebih saat mobil baru dinyalakan.

Baca Juga: Mobil Balap Listrik Volkswagen ID.4 GTX Gandeng Hankook Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Alhasil, mobil tersebut membutuhkan ban dengan spesifikasi yang mengakomodir kebutuhan, serta pegangan tapak (tread grip) tinggi agar tahan dari potensi abrasi intens.

Ia juga mengatakan, penting juga memiliki ban dengan ketahanan panas yang baik agar mampu bertahan dalam berbagai kondisi.

Pada umumnya mobil listrik memiliki kebisingan rendah bahkan hampir senyap. Karena, tidak ada suara hasil mesin pembakaran internal.

Baca Juga: Usai Formula E, Pengguna Kendaraan Listrik Diprediksi Meningkat

Kondisi ini sangat ditunjang oleh produk ban dengan kualitas terbaik lewat desain tapak, pengaturan blok, pengaturan pitch, dan optimalisasi grip yang dikembangkan secara khusus.

Ia bilang, sejauh ini ban dengan pola alur lateral (lateral groove) dinilai mampu mengurangi kebisingan secara signifikan.

Mulai tahun 2023, Hankook juga akan menjadi mitra ban resmi Kejuaraan Balap Mobil Listrik Dunia Formula E ABB FIA.