POPULAR STORIES

Happiness Patrol, Buat Pengendara Justru Senang Saat Distop Polisi

Happiness Patrol, Buat Pengendara Justru Senang Saat Distop Polisi Happiness Patrol Uni Emirate Arab (source: sbs.com.au)

KabarOto.com - Kebanyakan pengendara kerap panik jika bertemu dengan pihak kepolisian di jalan. Hal ini sering ditemukan, khususnya ketika pihak kepolisian sedang mengadakan razia atau operasi zebra.

Nah, untuk pengendara yang tidak merasa bersalah seharusnya tidak perlu panik apa lagi sampai putar balik. Polisi tidak akan langsung menyita kendaraan bukan?

Baca Juga: Jangan Melanggar... Hari Ini Tilang E-TLE Sudah Berlaku

Berbeda dengan citra polisi yang biasa dikenal menyeramkan dan akan 'menerkam' pengguna jalan yang tidak mematuhi rambu lalu lintas dan keselamatan berkendara. Di Uni Emirat Arab, ada petugas kepolisian dengan sebutan Happiness Patrol atau Patroli Kebahagiaan.

Seperti mengutip laman Emirates247, peluncuran Happiness Patrol bertepatan dengan perayaan 50 tahun Uni Emirat Arab pada beberapa tahun silam. Aktivitas dari Happiness Patrol ini seperti namanya yang mengandung unsur Happiness atau kebahagiaan bertugas untuk menebarkan kebahagiaan budaya positif pada pengguna jalan.

Salah satunya adalah memberikan sertifikat dan stiker pada pengguna jalan yang taat pada lalu lintas dan keselamatan berkendara.

Polisi UAE berikan Voucher

Seperti yang dilansir dari GulfNews, jika pengendara diberhentikan oleh Happiness Patrol, maka Ia akan diberikan Happiness Voucher. Jika ternyata kita melanggar sesuatu seperti rambu lalu lintas petugas Happines Patrol, hanya akan meminta pengendara berjanji untuk tidak mengulangi atau memberikan kartu kuning sebagai peringatan.

Peringatan dengan kartu kuning diperuntukan kepada pengguna jalan yang melakukan kesalahan atau lalai dalam 27 jenis pelanggaran, seperti berpindah jalur tanpa tanda (sein), kesalahan parkir kendaraan, tidak menggunakan lampu besar saat malam hari, termasuk pada pejalan kaki yang menyeberang tidak pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Happiness Vocuher

"Kita sangat bangga dengan proyek pelopor yang konsisten dengan piagam nasional kebahagiaan dan positivitas," ungkap Uhood Khalfan Al Roumi, Menteri Negara Kebahagiaan pertama di Uni Emirate Arab.

Uhood juga berpendapat, bahwa tugas pemerintah adalah menciptakan kebahagiaan. Inisiatif diadakannya Happiness Patrol tidak hanya untuk kebahagiaan pengguna jalan, tetapi juga menginspirasi pengguna jalan untuk patuh terhadap rambu dan keselamatan berkendara.

Baca juga: 11 Hal Penting Seputar Yamaha FreeGo Yang Perlu Diketahui

Hal ini juga untuk mengurangi tingkat kecelakaan di Uni Emirate. Laporan terbaru dari United Nation World Happiness menilai Uni Emirat sebagai negara ke-20 paling bahagia di dunia.

Wahh... Unik ya!

Berita Terkait

Berita Terkait