POPULAR STORIES

Harga Gas Terjangkau, Pemerintah Harap Industri Otomotif Maksimalkan Produksinya

Harga Gas Terjangkau, Pemerintah Harap Industri Otomotif Maksimalkan Produksinya

KabarOto.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bilang pemerintah akan mengintensifkan upaya-upaya strategis untuk membangun infrastruktur, termasuk akan mengundang pihak swasta, sehingga harga gas industri bisa ditekan menjadi 6 dollar AS per MMBTU.

“Kemudian kami sampaikan juga, bahwa Bapak Presiden memerintahkan kepada kami untuk setiap saat melakukan evaluasi dan monitoring, agar kebijakan gas 6 dollar ini memang tepat sasaran,” jelasnya. Terkait hal tersebut, Agus mengemukakan, pihaknya akan menyiapkan Permenperin.

“Tentu juga harapan kami bahwa kebijakan yang akan dimplementasikan pada 1 April ini akan membawa industri semakin tinggi performance-nya,” tandasnya.

Baca Juga: Komunitas Honda PCX Edukasi Member Sambangi Pabrik Ban

Pada pengantar rapat terbatas mengenai penyesuaian harga gas untuk industri, Presiden Joko Widodo menyampaikan, industri yang diberi insentif harus mampu meningkatkan kapasitas produksinya dan meningkatkan investasi barunya.

“Industri yang diberi insentif juga mampu meningkatkan efisiensi proses produksinya, sehingga produknya menjadi lebih kompetitif,” ujarnya. Selain itu, industri yang diberi insentif harus bisa meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Kepala Negara mengingatkan agar industri yang diberikan insentif penurunan harga gas harus betul-betul diverifikasi dan juga dievaluasi. Sehingga pemberian insentif penurunan gas akan memberikan dampak yang signifikan bagi ekonomi kita, memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional.

“Untuk itu, saya minta evaluasi dan monitoring secara berkala harus dilakukan terhadap industri-industri yang diberikan insentif. Harus ada disinsentif, harus ada punishment sehingga industri memiliki performance sesuai yang kita inginkan,” paparnya.