POPULAR STORIES

Harga Minyak Naik, Ini Salah Satu Solusi Meningkatkan Oktan BBM

Harga Minyak Naik, Ini Salah Satu Solusi Meningkatkan Oktan BBM Produk Bardahl yang dipasarkan di Indonesia (Foto: Bardahl)

KabarOto.com - Tren kenaikan harga minyak mentah dunia yang menembus level US $ 100 per barel sejak awal Maret 2022, dan menyebabkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Semakin tinggi kandungan oktan BBM jenis bensin dan cetane number (CN) untuk BBM jenis solar, harganya juga kian tinggi karena lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

Untuk itu, PT Pelayanan Oli Spesialis selaku pemegang merek Bardahl Indonesia menghadirkan produk zat aditif BBM (fuel additives) yang berguna meningkatkan kandungan oktan dan cetane hingga 3 poin, yaitu Bardahl Octane Booster dan Bardahl DFC with Cetane.

Baca juga: Tips Memiliih Lampu LED Untuk Berkendara Aman Dan Nyaman

Vice President Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto menjelaskan bahwa BBM dengan oktan rendah dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin kendaraan, emisi gas buang tinggi, dan suara mesin tidak halus (knocking).

"Penggunaan BBM dengan kadar oktan dan cetane rendah dalam waktu tertentu, katanya, akan menurunkan performa kendaraan, bahkan dapat merusak mesin," jelasnya.

Baca juga: Tips Memperlakukan Keyless Smart Key System Dengan Benar

Sebagai informasi, jenis BBM di Indonesia cukup beragam, yaitu RON 88, RON 89, RON 90, RON 92, dan RON 98. Misalnya BBM RON 90, kemudian ditambah dengan Bardahl Octane Booster, maka kualitas RON akan meningkat menjadi 93.

Bardahl memiliki dua varian zat aditif BBM untuk meningkatkan performa mesin kendaraan baik yang berbahan bakar bensin maupun solar, yaitu Bardahl Octane Booster (untuk kendaraan berbahan bakar bensin) dan Bardahl DFC with Cetane (untuk kendaraan berbahan bakar diesel).

Cara penggunaan Bardahl Octane Booster juga sangat mudah. Tuangkan satu botol Bardahl Octane Booster ke tangki bahan bakar sebelum mengisi penuh. Satu botol dapat dicampur hingga 60 liter BBM. Penggunaan fuel additives ini dalam setiap pengisian BBM akan mempertahankan kinerja mesin kendaraan secara optimal.