POPULAR STORIES

Harga Motor Terbang Ini Bila Siap Dijual Rp5 Miliar

Harga Motor Terbang Ini Bila Siap Dijual Rp5 Miliar Motor terbang Jetpack (FotoVOI)

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu sudah dibuat mobil terbang dan akan diproduksi massal di beberapa negara dunia. Kali ini, sepeda motor terbang juga sedang dikembangkan. kendaraan masa depan ini dibuat oleh perusahaan industri pernerbangan di Amerika Serikat, JetPack Aviation (JPA).

Dilansir dari Robbreport, Senin (6/9), motor terbang bernama Speeder itu, saat ini sedang dalam bentuk protipe. JPA yakin, motor terbang ini akan bisa dirilis pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Taksi Terbang EHang 216 Yang Resmi Dijual Prestige Motorcars

Sebenarnya ini bukan pertama kali JPA menggungkap keberadaan motor terbang ini, tahun 2019 lalu, perusahaan sudah memperkenalkannya. Namun, tahun itu masih dalam tahap rancangan. Kini, JPA sudah mengembangkan software-nya supaya bisa terbang dengan aman dan lancar.

Kendaraan ini pun sudah dilakukan uji coba, dan terus ditingkatkan dalam sistem kontrol serta pengembangan perangkat lunak. Rencananya, Speeder akan dihadirkan dalam dua varian, yaitu model sipil dan militer atau kargo.

Tipe militer, Speeder ini diklaim bisa menempuh kecepatan di atas 240 kpj, dan terbang secara otomatis. Sementara untuk sipil, ada versi ringan (The Ultralight Version) serta eksperimental (The Experimental Version).

Versi ringan ini, kecepatannya tidak lebih dari 100 kpj serta tidak perlu lisensi kepilotan. Namun untuk versi Experimental, pemilik atau pengendara harus memiliki lisensi pilot yang resmi.

Baca Juga: Bisa Terbang Hingga Hasilkan Oksigen, Ini Rancangan Ban Masa Depan Goodyear Di Tokyo Motor Show 2019

Versi sipil bisa menempuh kecepatan di atas 240 kpj, namun waktu terbang hanya 10-22 menit. terbang di atas 15 ribu kaki. JetPack Aviation membanderol motor terbang ini dengan harga mulai dari US$ 380 ribu, atau sekitar Rp5,4 miliar.