POPULAR STORIES

Bisa Terbang Hingga Hasilkan Oksigen, Ini Rancangan Ban Masa Depan Goodyear Di Tokyo Motor Show 2019

Bisa Terbang hingga Hasilkan Oksigen, Ini Rancangan Ban Masa Depan Goodyear di Tokyo Motor Show 2019 Mobil konsep Lexus EV gunakan ban Goodyear (Foto: GaaWaadi)

KabarOto.com - Tokyo Motor Show 2019 tengah digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. Acara yang sudah 46 kali digelar ini sudah dimulai sejak 23 Oktober lalu hingga 4 November mendatang. Tidak hanya kendaraan terbaru dan konsep, Tokyo Motor Show 2019 juga memamerkan beragam sparepart hingga aksesori.

The Goodyear Tire & Rubber Company turut meramaikan Tokyo Motor Show 2019. Mengangkat tema 'Freedom to Move', Goodyear juga menampilkan ragam inovasi terbaru miliknya. Bahkan terdapat konsep ban mereka untuk dipasarkan di masa yang akan datang.

Pertama yaitu mobil konsep Lexus EV yang dilengkapi ban konsep Goodyear. Ini merupakan penampilan perdananya di dunia yang bisa dijumpai di booth Lexus pada acara yang sama.

Baca Juga: Hankook Tire Pasok Ban Ventus S1 Evo 3 Untuk Porsche Cayenne

Desain tapak dan permukaan ban sengaja dikembangkan dengan menggunakan teknologi aerodinamis, mengingat ban ini akan digunakan pada kendaraan listrik.

Cukup unik, bagian terluar pada tapak dibalut dengan beludru halus. Dimana pada bagian tersebut sengaja dibuat seperti itu agar menghasilkan pendinginan aliran udara yang efektif pada mesin EV.

Selanjutnya Goodyear menampilkan ban Aero. Ban ini merupakan penampilan perdana di Asia, karena sebelumnya sudah dirilis di Geneva International Motor Show 2019.

Ban Lexus EV

Ban Aero merupakan sebuah konsep ban yang dirancang untuk mobil terbang di masa yang akan datang. Konsep yang dibangun yaitu 'two in one', dimana ban Aero dapat digunakan baik di darat maupun di udara. Canggih, produk ini menggunakan prosesor AI, Sob.

Baca Juga: Continental C.A.R.E, Ban Dengan Sensor Pintar

Prosesor AI yang disematkan pada ban Aero akan berfungsi untuk menggabungkan informasi yang diterima dari sensor ban, dengan informasi yang dikirimkan oleh kendaraan dan infrastruktur sekitar. Dari sekumpulan informasi itulah, AI menganalisa data untuk mengalihkan kendaraan ke mode terbang atau menyetir di darat.

Ban Aero Goodyear

Produk konsep dan terbaru yang terakhir yaitu ban Oxygene. Sama seperti ban Aero, ban Oxygene sudah diperkenalkan saat Goodyear meramaikan Geneva International Motor Show. Bedanya, ban ini sudah dikenalkan sejak 2018 silam.

Ban Oxygene dapat dikatakan sangat unik karena benda ini dapat menumbuhkan lumut yang kemudian menghasilkan oksigen, sesuai namanya.

Ban Oxygene Goodyear

Hal tersebut didukung oleh struktur ban yang terbuka serta memiliki desain tapak yang halus. nah, bagian ini mampu menyerap tetesan air dan kelembapan dari jalan kemudian diedarkan ke seluruh bagian ban.

Sebab itu, proses tersebut memungkinkan terjadinya fotosintesis dan menghasilkan oksigen yang dilepas ke udara. Struktur ban yang ringan juga dapat menyerap benturan sehingga memiliki daya tahan tinggi serta solusi 'free-falling' untuk penggunaan jangka panjang.

Baca Juga: Ini Manfaat Mengisi Tekanan Angin Ban Dengan Nitrogen