Hari Raya Idul Fitri Pengaruhi Penjualan Mobil Honda

Hari Raya Idul Fitri Pengaruhi Penjualan Mobil Honda All New Honda Brio (Deni/KO)

KabarOto.com - Momentum hari raya Idul Fitri setiap tahunnya sangat mempengaruhi pertumbuhan penjualan di pasar otomotif nasional. Di mana banyak masyarakat yang kerap membeli ataupun menyegarkan kendaraan lama dengan yang baru, untuk dapat digunakan mudik ke kampung halaman.

Tingginya permintaan untuk mobil baru itu pun dirasakan PT Honda Prospect Motor (HPM), Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia, yang tercatat meraih penjualan sejak bulan Mei 2019 lalu.

Baca juga: Membesut All New Honda Brio Di Brio Saturday Night Challenge 2019 Jakarta

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM menegaskan, setiap tahunnya banyak masyarakat yang melakukan penggantian kendaraan baru di momen hari raya, tentunya hal ini berdampak kepada peningkatan penjualan mobil dari bulan sebelumnya.

"Momen Lebaran mempengaruhi penjualan mobil, walaupun enggak besar banget. Sekitar lima sampai 10 persen, jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya," jelas Jonfis saat berbincang dengan KabarOto di Jakarta, akhir pekan lalu.

Honda Brio

Baca juga: Honda Resmikan Tempat Uji Kompetensi SMK

Jika berangkat dari penjualan mobil Honda sepanjang bulan Mei 2019 lalu, retail sales Honda berada di angka 12.486 unit, sementara untuk wholesales sebesar 11.048 unit.

Sementara untuk penjualan untuk Januari hingga Mei di tahun 2019, wholesales Honda sebesar 51.524 unit, dan retail sales sebesar 62.943 unit.

"Kami melihat penjualan itu dominan masih dari Honda Brio. Untuk target kami engga pasang angka yang jelas. Tapi yang jelas kami hanya memonitor, agar penjualan bulanan tetap baik," pungkasnya.