POPULAR STORIES

Harley-Davidson Pernah Bikin Mocil Juga Loh, Ini Buktinya!

Harley-Davidson Pernah Bikin Mocil Juga Loh, Ini Buktinya! Motor ini diproduksi pada 1972 dengan mengusung nama Harley-Davidson MC-65 (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Harley-Davidson terkenal dengan motor gede (moge) bermesin besar. Namun nyatanya, pabrikan asal Amerika Serikat itu sempat membuat motor mungil.

Motor ini diproduksi pada 1972 dengan mengusung nama Harley-Davidson MC-65. Karena menjadi line-up terkecil baik dimensi maupun mesin, mini-moto itu juga kerap disebut sebagi 'Shortster'. Harley-Davidson Shortster merupakan hasil kolaborasi bersama perusahaan Italia, Aermacchi (AMF).

Baca Juga: Harley-Davidson Akan Merilis Motor Listrik untuk Perkotaan

Mesin yang digunakan diambil dari Harley-Davidson M65S Sport Leggero, yang diproduksi tahun 1967 sampai awal 1970-an karena Leggero juga dilahirkan bersama AMF.

Ukurannya yang kecil bukanlah tanpa alasan. Pihak Harley-Davidson menyasar anak-anak di Amerika Serikat dan Kanada, dengan pertimbangan mereka juga akan membeli produk Harley-Davidson ketika telah dewasa. Dapur pacunya dibekali mesin 2-tak, 1-silinder, 65 cc yang dijejali karburator Dell'Orto 18mm.

Selain itu, kaki-kakinya menggunakan suspensi depan teleskopik dan dual-shock di belakang. Peleknya berukuran 10 inci dibalut ban semi trail 3.0 inci.

Pada tahun 1973, muncul produk dengan konsep serupa, namun memiliki mesin lebih besar, yaitu 90 cc, bernama Harley-Davidson X90. Tak hanya mesin, perubahannya juga terjadi pada headlamp dan posisi knalpot.