POPULAR STORIES

Harley-Davidson XR750 Rayakan Setengah Abad

Harley-Davidson XR750 Rayakan Setengah Abad Harley-Davidson XR750 tahun 1970

KabarOto.com - American Flat Track (AFT) musim 2020 ternyata menjadi momen bersejarah bagi Harley-Davidson. Adapun sebagai perayaan motor balap paling fenomenal di balap lintasan oval yakni Harley-Davidson XR750.

Dikabarkan untuk perayaan ini semua motor balap Harley-Davidson di lintasan balap seperti Harley-Davidson Super Twins dan Production Twins Bike, selain dari Harley-Davidson Screamin' Eagle/Vance & Hines NHRA Pro Stock akan andalkan warna jet Fire Orange. Warna tersebut akan digunakan pada tim, seragam dan aksesori yang dikenakan.



"XR750 adalah motor jawaranya di AMA Pro Racing sebagai catatan sejarah," ujar Bekefy, General Manager of Brand Marketing Harley-Davidson, Inc.

Sekadar mengenang sejarah, awal mulanya XR750 adalah regenerasi dari KR750 yang sebelumnya juga sukses di balapan. Saat itu Harley-Davidson Race Team Manager dipegang Dick O'Brian.



Mengandalkan mesin Sportster, XR750 mengalami modifikasi pada kepala silinder dan silindernya, andalkan magnet ketimbang generator dan penyempurnaan pada jalur oli.

Pada tahun 1972 serba peyempurnaan dilakukan berupa mesin bermaterial alumunium. Sepanjang tahun 1972 hingga 2008, XR750 telah memenangkan 28 dari 37 AMA Grand National Championship.



Wajarlah bila XR750 mendapat julukan sebagai "Most Successful Race Bike of All Time". Selain itu XR750 menjadi ikon tersendiri bagi stuntman legendaris Evel Knievel melalui batang kemudi serupa.

Oh iya, untuk tahun 2020 kali ini, tim Harley-Davidson Factory Flat Track melanjutkan catatan sejarah melalui motor standar sebagai kampanye motor pabrikan di kejuaraan flat track.

Harley-Davidson XG750R flat tracker dan legenda Harley-Davidson XR750


Motor yang siapkan adalah Harley-Davidson XG750R flat tracker dengan radiator berpendingin cairan, suplai bahan bakar injeksi dan mesin balap 750 cc Revolution X V-Twin, dari basis mesin H-D Street 750.