POPULAR STORIES

Harman Mulai Ikut-Ikutan Rancang Teknologi Pintar Untuk Kendaraan

Harman Mulai Ikut-Ikutan Rancang Teknologi Pintar Untuk Kendaraan Teknologi Harman (dok Harman)

KabarOto.com - Anak perusahaan Samsung yang biasanya merancang perangkat audio, yakni Harman diketahui saat ini sedang mengembangkan teknologi baru berupa fitur dalam mendukung kenyamanan dalam berkendara. Menurut para insinyur Harman, teknologi ini bakal dibutuhkan ketika dalam perjalanan.

“Dalam lima tahun ke depan, saya yakin akan ada transisi besar dari user interfaces (UI) yang eksplisit ke implisit. Secara otomatis program dalam kendaraan akan memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan pengguna,” kata Stefan Marti, Vice President of Future Experience & AI at Harman.

Marti pun menganalogikan eksplisit sebagai keyboard komputer yang bertugas untuk memberikan berbagai perintah kerja. Melalui kehadiran teknologi ini, kendaraan akan memberikan penggunanya stimulus sehingga tampil implisit.

Baca juga: BMW Recall Ratusan Ribu Mobil Karena Berisiko Terbakar

Teknologi itu adalah Harman Over-The-Air (OTA), yang merupakan platform baru yang akan mengunduh pembaruan perangkat lunak pada malam hari di kendaraan. Sehingga pada keesokan harinya pengemudi sudah mendapatkan edisi terbaru pada software di kendaraannya.

Melalui kehadiran teknologi itu, pihak pabrikan mengklaim dapat mengetahui gerak-gerik pengendara sehari-hari. Teknologi ini akan mencatat kebiasaan pengemudi, membaca ekspresi wajah, respon emosional, beban kognitif, variabilitas detak jantung dan masih banyak lagi.

Harman

Teknologi ini diberi nama Driver Monitoring System (DMS) yang akan mengidentifikasi sistem mana yang benar-benar berfungsi pada kendaraan. Teknologi itu memungkinkan untuk memberi seluruh laporan secara otomatis oleh kendaraan.

Baca juga: Michelin Dan GM Menguji Ban Tanpa Udara Pada Chevrolet Bolt EV

Tidak sampai disitu saja, Harman juga saat ini sedang mengembangkan fitur audio pintar yang dapat membuat mood berkendara tetap stabil. Sistem ini akan mengidentifikasi kebutuhan pengendara akan suguhan musik dalam perjalanan.

“Di Harman, kami bertujuan untuk merevolusi cara orang berinteraksi dengan ekosistem digital, guna meningkatkan kehidupan mereka melalui cara bermakna dan elegan. Di masa depan, kapabilitas personalisasi sejati akan memungkinkan perangkat kami meningkatkan kemampuan tanpa perintah secara terus menerus,” pungkas Marti.