Michelin Dan GM Menguji Ban Tanpa Udara Pada Chevrolet Bolt EV

Michelin dan GM Menguji Ban Tanpa Udara pada Chevrolet Bolt EV Foto: Autoblog

KabarOto.com - Ban tanpa udara (airless tire) bukan konsep baru. Michelin pertama kali memperkenalkan idenya untuk satu yang disebut Tweel lebih dari sepuluh tahun yang lalu, dan mulai menjual versi produksi untuk mesin potong rumput kecil dan peralatan konstruksi beberapa tahun yang lalu.

Tapi apa yang baru tentang teknologi ini adalah penggunaannya untuk mobil-mobil produksi masal, dan di situlah ban Michelin Uptis baru ini masuk. Uptis dirancang untuk menangani tidak hanya berat mobil nyata seperti Tweel lama, tetapi juga dapat memberikan pegangan dan daya tahan yang baik untuk kecepatan dan penggunaan di jalan raya.

Meskipun desainnya sekarang lebih mumpuni, Uptis masih menggunakan ide dasar yang sama dengan Tweel. Terjepit di antara tapak luar dan roda aluminium dalam adalah sekelompok jari-jari atau tulang rusuk yang menggantikan tekanan udara. Jari-jari ini terbuat dari kombinasi resin yang diperkuat karet dan fiberglass.

Baca juga: Michelin Perkenalkan Pilot Street 2, Ban Khusus Untuk Motor Matik

Untuk memastikan ban Uptis memenuhi tugas, Michelin telah bermitra dengan General Motors untuk pengembangan. GM akan menjalankan armada mobil uji Chevy Bolt EV dengan ban tanpa udara di daerah Michigan, Amerika Serikat. Dan karena kantor pusat berada di area yang sama, pihak Michelin mengonfirmasi bahwa ini adalah lingkungan uji brutal untuk ban. Asalkan pengujian dan pengembangan berjalan sesuai rencana, GM berencana menawarkan ban Uptis sebagai opsi pada beberapa kendaraannya pada tahun 2024.

Meskipun model GM masa depan belum diumumkan, Chevy Bolt, baik dalam model saat ini atau didesain ulang, akan menjadi pilihan. Mungkin ada beberapa penghematan ringan dalam memiliki ban tanpa udara, yang dapat diterjemahkan menjadi penggunaan dan rentang energi yang lebih baik. Michelin mengatakan kombinasi roda dan ban Uptis hampir sama beratnya dengan kombinasi roda dan ban konvensional, tetapi karena tidak mungkin untuk mendapatkan tekanan rata atau rendah, Anda tidak memerlukan sensor pemantauan tekanan ban, bahkan ban cadangan.