Hasil Kualifikasi MotoGP Indonesia 2022 : Fabio Quartararo Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Indonesia 2022 : Fabio Quartararo Raih Pole Position Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih pole position usai menjadi yang tercepat di sesi Kualifikasi (Q2) Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, hari ini (19/03).

Usai sesi kualifikasi yang ketat, Quartararo berhasil tampil tercepat dengan raihan waktu 1:31,067 detik di sesi kualifikasi MotoGP Indonesia 2022. Di baris terdepan, Quartararo ditemani oleh duo Pramac Racing, Jorge Martin yang memiliki gap 0,213 detik sementara Johann Zarco memiliki gap 0,311 detik.

Baca juga: MotoGP Indonesia 2022 : Sirkuit Mandalika Memiliki Minim Titik Pengereman

"Saya senang bisa merasakan pole position kembali. Saya juga senang dengan hasil sesi latihan (FP4) sebelumnya saya memiliki performa yang konsisten. Tentu, dua lap terakhir saya tampil sangat cepat. Saya mencoba menggeber motor hingga melewati batas, meskipun saya sempat melakukan sedikit kesalahan di lap pertama. Tetapi, di sesi kualifikasi ini kami tidak melakukan banyak kesalahan, terima kasih kepada tim yang tidak pernah menyerah," ungkap Fabio Quartararo.

Jorge Martin start dari posisi kedua

Di baris kedua, Brad Binder (Red Bull KTM) mampu menyaingi Ducati dengan gap 0,366 detik. di belakangnya, ada Enea Bastianini (Gresini Racing) yang gagal tampil konsisten dengan gap 0,437 detik yang membuatnya start dari posisi lima besar.

Sementara, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) harus puas berada di posisi ke-6 di grid start dengan gap 0,440 detik. Adapun pembalap Repsol Honda, Marc Marquez akan start dari posisi ke-15. Pada sesi sebelumnya, Marquez gagal memperebutkan pole position usai mengalami kecelakaan dua kali.

"Hari ini sangat ketat, saya melihat para pembalap sangat kompetitif sekali. Saya juga dapat tampil cepat di sesi FP4. Dengan memulai balapan di baris terdepan saya merasa siap untuk balapan besok (Minggu)," ungkap Jorge Martin.

Baca juga: Melihat Kesibukan Paddock Tim-tim MotoGP Di Sirkuit Mandalika
Johann Zarco start dari posisi ketiga

Selain Marquez, Joan Mir (Suzuki Ecstar) juga mengalami kecelakaan. Dengan situasi tersebut membuat dua pembalap asal Spanyol itu gagal menuju Q2.

Saat Q2 menyisakan lima menit, dua posisi teratas masih di isi oleh Quartararo dan Bagnaia. Menjelang akhir kualifikasi, Quartararo memperbaiki catatan waktunya menjadi 1:31.067 detik. Sementara itu, Bagnaia turun ke posisi ketiga usai di salip Martin. Tidak berselang lama, Zarco mampu merangkak naik dan berhasil start di posisi ketiga.

"Saya sangat senang dengan hasil hari ini karena para pembalap begitu kompetitif hari ini. Saya melakukan sedikit kesalahan saat memasuki tikungan 5 karena saya sedikit menggeber dan membuat ban belakang sedikit slide. Bastianini juga hari ini tampil cepat dan tidak menyangka dia bisa secepat itu. Tetapi, saya senang dapat mengakhiri sesi kualifikasi ini dengan maksimal dengan kondisi trek yang sangat panas ini," ungkap Johann Zarco.

Berikut hasil kualifikasi MotoGP Indonesia 2022 :

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 1:31,067 detik

  2. Jorge Martin (Pramac Racing) +0,213 detik

  3. Johann Zarco (Pramac Racing) +0,311 detik

  4. Brad Binder (Red Bull KTM) +0,366 detik

  5. Enea Bastianini (Gresini Racing) +0,437 detik

  6. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,440 detik

  7. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +0,499 detik

  8. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,515 detik

  9. Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,647 detik

  10. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +0,656 detik