POPULAR STORIES

Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2022 : Jack Miller Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2022 : Jack Miller Raih Pole Position Jack Miller (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Pembalap Ducati Lenovo, Jack Miller berhasil meraih pole position di GP San Marino usai menjadi pembalap tercepat, Sabtu kemarin (03/09).

Selama sesi Kualifikasi (Q1 dan Q2) cuaca mendung dan sedikit gerimis membuat para pembalap tidak bisa tampil maksimal. Tetapi, kondisi tersebut tidak mempengaruhi Marco Bezzecchi (Mooney VR46), dirinya mampu mencetak waktu 1:31,961 detik saat sesi baru dimulai.

Dengan torehan tersebut, catatan waktu Bezzecchi sempat tidak bisa dikejar. Alhasil, memunculkan persaingan untuk perebutan posisi kedua. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing).

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino 2022, Balapan Terakhir Andrea Dovizioso

“Iya, kondisi trek hari ini karena sedikit terkena hujan. Dan di pit lane kondisi sangat basah dan sedikit berbahaya. Tetapi, di trek kondisinya sangat kering jadi sempat salah untuk memilih tipe ban dalam kualifikasi ini. Lap demi lap saya tampil cepat, mendapatkan pole position ini sangat berarti untuk saya jadi kita lihat saja balapan besok,” ungkap Jack Miller.

Bagnaia start dari posisi kelima usai mendapatkan penalti

Kualifikasi kedua dimulai, sebagian besar pembalap memakai ban kompon basah. Tetapi, Miguel Oliveira (Red Bull KTM) berani untuk memakai ban slick. Setelah memeriksa kondisi trek, akhirnya para pembalap kembali menggunakan motor dengan ban slick.

Selama sesi berlangsung, persaingan ketat untuk meraih pole position pun terjadi. Duel antara Bezzecchi dan Miller serta Bastianini secara bergantian menduduki posisi tertatas.Memasuki empat menit terakhir, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) ikut meramaikan perebutan pole position. Walaupun begitu, Bagnaia tetap mendapatkan perlawanan dari La Bestia dan Miller yang enggan menyerah.

Baca juga: Resmi! RNF Aprilia Hadirkan Duet Miguel Oliveira-Raul Fernandez Mulai MotoGP 2023

“Hari ini merupakan kualifikasi yang cukup berat, saya harus menggeber motor saya lebih cepat. Tapi, kami mampu menyelesaikannya cukup baik. Besok, saya memulai balapan dari posisi kelima dan Jack dari posisi pertama. Walaupun begitu, saya tetap senang dengan hasil saya hari ini,” ungkap Francesco Bagnaia.

Persaingan semakin seru ketika Maverick Vinales (Aprilia Racing) menempati urutan kedua. Namun, posisi tersebut tidak bertahan lama usai pasukan Ducati kembali menguasai posisi puncak melalui Johann Zarco (Prima Pramac Racing).

Sesi Q2 tersisa 30 detik lagi, Miller mempertajam waktunya menjadi 1:31,899 detik. Sementara, Bagnaia tidak dapat mengejar dan memiliki gap 0,015 detik. Sementara, Bastianini menduduki posisi ketigha dengan gap 0,115 detik. Tetapi, pembalap bernomor 63 itu harus menempati posisi start kelima karena mendapatkan penalti.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2022 :

  1. Jack Miller (Ducati Lenovo) 1:31,899 detik

  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,015 detik

  3. Enea Bastianini (Gresini Racing) +0,115 detik

  4. Marco Bezzecchi (Mooney VR46) +0,149 detik

  5. Maverick Vinales (Aprilia Racing) +0,219 detik

  6. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) +0,270 detik

  7. Luca Marini (Mooney VR46) +0,327 detik

  8. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,347 detik

  9. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +0,678 detik

  10. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +0,876 detik