Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2021 : Jorge Martin Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2021 : Jorge Martin Raih Pole Position Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin berhasil tampil apik dalam sesi kualifikasi dan mampu merebut pole position GP Valencia, Spanyol pada hari Sabtu kemarin (13/11).

Dalam sesi kualifikasi (Q1) menjadi perebutan posisi di Sirkuit Ricardo Tormo, dibuka dengan persaingan Maverick Vinales (Aprilia Racing), Miguel Oliveira (Red Bull KTM), Danilo Petrucci (KTM Tech3), Andrea Doviziso (Petronas Yamaha SRT), Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Brad Binder (Red Bull KTM).

Baca juga: Belum Pulih, Marc Marquez Absen MotoGP Valencia 2021

Vinales mampu memimpin sebelum digusur oleh Miguel. Sayangnya, pembalap KTM ini tidak dapat tampil konsisten, sehingga posisinya harus direbut oleh Petrucci. Jelang berakhir Q1, Dovi membuat kejutan dengan mengambil alih posisi ke-2. Tidak ada waktu tersisa, Rins pun mampu lolos ke Q2 bersama dengan Binder.

Francesco Bagnaia start dari posisi ke-2

"Saya bisa tampil cepat hari ini karena saya sudah percaya diri selama akhir pekan ini. Untuk balap akhir pekan ini sangat penting untuk memulai dari barisan terdepan. Tadi, saya sempat membuat sedikit kesalahan di lap awal. Tetapi, saya bisa memperbaiki kesalahan itu. Selain itu, berkat pemilihan ban yang tepat menjadi kunci agar bisa tampil kuat. Saya sangat senang dengan hasil hari ini," ungkap Jorge Martin.

Pada sesi Q2, perebutan pole position sangatlah sengit. Skuad Yamaha sempat memberikan perlawanan. Tetapi, kecepatan YZR-M1 tidak mampu menandingi Desmosedici GP21. Begitu pula dengan Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang tidak bisa menahan gempuran trio pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia, Jack Miller dan Jorge Martin.

Baca juga: Ini Target Valentino Rossi Di GP Valencia 2021

Sembilan menit sebelum, persaingan sengit terjadi diantara trio rider Desmosedici itu. Mulai dari Miller yang menorehkan 1:30,325 detik. Lalu, empat menit terakhir Bagnaia dari posisi ketiga merangkak naik ke urutan teratas dengan raihan 1:30,118 detik. Belum puas dengan raihan tersebut, Pecco mampu mempertajam waktunya menjadi 1:30,000 detik.

"Saya senang bisa start dari barisan depan. Tidak menyangka Martin bisa meraih catatan waktu yang lebih cepat dari saya. Tetapi, ada hal baik hari ini yaitu saya memiliki phase yang bagus. Dengan menggunakan ban kompon medium untuk depan merupakan hal yang terbaik. Saya juga terkejut bisa tampil sangat baik hari ini," ungkap Francesco Bagnaia.

Jack Miller start dari posisi ke-3

Sayangnya, Bagnaia terjatuh di tikungan 2 dan harus puas dengan raihan akhir tersebut. Tidak lama kemudian, Martinator mampu mencetak waktu sangat impresif yaitu 1:29,936 detik. Alhasil, sang rookie mampu mencetak pole position keempat di musim ini.

Tentu, dengan raihan tersebut melengkapi dominasi Ducati yang menguasai baris terdepan. Sementara, Johann Zarco (Pramac Racing) menempati posisi kelima, di tengah kepungan duo Suzuki. Sang Juara Dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) tidak bisa tampil cepat dan dirinya harus puas start dari posisi ke-8.

Baca juga: Jadwal MotoGP Valencia 2021, Balap Terakhir Valentino Rossi

"Iya hari ini saya mengeluarkan segala kemampuan saya. Tidak menyangka bisa memulai balapan dari baris depan. Saya juga senang dengan performa saya selama akhir pekan ini. Semoga balapan besok saya bisa meraih hasil yang lebih baik," ungkap Jack Miller.

Sedangkan, rider Petronas SRT, Valentino Rossi yang menjalani balapan terakhirnya dari posisi ke-10 dengan raihan waktu 1:30,746 detik.

Hasil kualifikasi GP Valencia 2021

Berikut hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2021:

  1. Jorge Martin (Pramac Racing) 1:29,936 detik

  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,064 detik

  3. Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,389 detik

  4. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +0,459 detik

  5. Johann Zarco (Pramac Racing) +0,482 detik

  6. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,539 detik

  7. Brad Binder (Red Bull KTM) +0,573 detik

  8. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,684 detik

  9. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +0,708 detik

  10. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +0,810 detik

  11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +0,845 detik

  12. Aleix Espargaro (Apirilia Racing) +1,088 detik