POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Catalunya 2023: Penuh Drama, Aleix Espargaro Menang Lagi

Hasil MotoGP Catalunya 2023: Penuh Drama, Aleix Espargaro Menang Lagi Aleix Espargaro sapu bersih kemenangan di MotoGP Catalunya 2023 (Foto: Aprilia)

KabarOto.com - MotoGP Catalunya 2023 dikuasai dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Keduanya finis pertama dan kedua, disusul Jorge Martin di posisi ketiga.

Selain dominasi Aprilia, seri ke-11 ini menyajikan drama yang mengakibatkan bendera merah berkibar.

Jalannya balapan berlangsung dengan awan cukup tebal, angin kencang, dan suhu udara di angka 27 derajat celcius, sedangkan suhu sirkuit 33 derajat celcius.

Francesco Bagnaia memimpin jalannya balapan, disusul Espargaro dan Miguel Oliveira, yang ditempel Maverick Vinales dan Jorge Martin. Lampu hijau menyala, Bagnaia langsung melesat ke depan.

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Catalunya 2023: Aleix Espargaro Finis Terdepan

Kecelakaan beruntun terjadi di awal balapan

Insiden pertama terjadi saat Enea Bastianini yang berusaha melesat ke depan dari arah kanan. Namun, di tikungan pertama ini Bastianini kehilangan kendali dan terjatuh lalu menabrak Johann Zarco, Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio, dan Marco Bezzecchi.

Bagnaia yang tidak terlibat dalam kecelakaan beruntun ini, malah kehilangan kendali motornya saat belok di tikungan kedua. Dia terhempas dari motor dan high side crash tek terhindarkan. Pecco terkapar di tengah lintasan, dan banyak pembalap yang terjatuh membuat race director mengibarkan bendera merah.

Saat balapan dimulai lagi, Pecco dan Bagnaia tidak dapat melanjutkan balapan. Pecco dilarikan ke medical center untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ketika lampu hijau kedua menyala, Espargaro yang memimpin grid tidak melakukan start dengan baik. Posisinya disalip oleh Martin yang tampil ngotot sejak start. Namun beberapa tikungan kemudian, posisi Martin disalip oleh Vinales. Lap pertama berlangsung dinamis. Kejar-kejaran terjadi antara Ducati vs Aprilia.

Baca Juga: Tak Ingin Disebut Pecundang, Joan Mir Bertahan Di Honda Hingga MotoGP 2024

Kaki Francesco Bagnaia terlindas pebalap lain

Akhirnya, balapan ini dimenangkan oleh duo Aprilia. Espargaro kembali melakukan selebrasi di garis finis dan membuat Aprilia berkuasa di Catalunya. Sementara rekan setimnya, Vinales finis posisi kedua dan disusul Martin.

Hasil lengkap MotoGP Catalunya 2023:

1 Aleix Espargaro - Aprilia Racing

2 Maverick Viñales - Aprilia Racing

3 Jorge Martin - Pramac Ducati

4 Johann Zarco - Pramac Ducati

5 Miguel Oliveira - RNF Aprilia

6 Alex Marquez - Gresini Ducati

7 Fabio Quartararo - Monster Yamaha

8 Jack Miller - Red Bull KTM

9 Fabio Di Giannantonio - Gresini Ducati

10 Augusto Fernandez - Tech3 GASGAS

11 Luca Marini - Mooney VR46 Ducati

12 Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Ducati

13 Marc Marquez - Repsol Honda

14 Franco Morbidelli - Monster Yamaha

15 Takaaki Nakagami - LCR Honda

16 Iker Lecuona LCR Honda

17 Joan Mir Repsol Honda