Hasil MotoGP Inggris 2019: Alex Rins Juara, Motor Dovi Terbakar

Hasil MotoGP Inggris 2019: Alex Rins Juara, Motor Dovi Terbakar Alex Rins berhasil menjadi juara (MotoGP)

KabarOto.com - Balapan MotoGP Inggris 2019, yang digelar di Sirkuit Silverstone, Northampton, pada Minggu (25/8) berjalan menegangkan. Sejak lampu start padam, perlombaan menyuguhkan kejadian tak terduga.

Di tikungan pertama, Fabio Quartararo tergelincir dan terjatuh. Fatal, dibelakangnya ada Andrea Dovizioso yang sedang melaju dalam kecepatan tinggi tidak mampu menghindar. Dovizioso menabrak motor Quartararo hingga terpental. Bahkan, sepeda motor Desmosedici milik Dovizioso sempat terbakar.

Baca Juga: Asyik Nih! Beli Oli Yamalube Bisa Nonton MotoGP Di Jepang Dan Malaysia

Jatuhnya Dovi dan Quartararo, membuat urutan pembalap berubah, Marquez melaju menjadi pemimpin di depan Rossi. Alex Rins, yang memulai balapan dari posisi kelima, melesat ke posisi ketiga. Namun pada lap kedua, Rins berhasil mendahului Rossi, untuk posisi kedua.

Rins menyalip Marquez di tikungan terakhir

Memasuki putaran keempat, Rins mulai menempel ketat Marquez dengan jarak 0,6 detik sekaligus membuka ruang dengan Rossi di belakangnya. The Doctor terlihat makin kesulitan mengejar Rins, ia justru semakin dekat dengan Vinales di belakangnya.

Vinales akhirnya berhasil menyalip Rossi di putaran ketujuh untuk menempati urutan ketiga. Di putaran 10, duo penunggang KTM Miguel Oliviera dan Johan Zarco terlibat insiden di tikungan 14 sehingga out.

Rins kemudian membayangi Marquez sepanjang balapan. Pertarungan keduanya makin sengit di lap sembilan, di mana Rins mendapat racing line yang lebih baik saat tikungan dan berhasil melewati Marquez. Sayang posisi tersebut tak lama berubah lagi.

Motor milik Dovi sempat terbakar sebelum akhirnya berhasil dipadamkan

Di putaran terakhir, Rins dengan cerdik keluar tikungan terakhir dari sisi dalam, sehingga dapat menyalip Marquez untuk menyentuh garis finis lebih dahulu sekaligus merebut kemenangan.

Baca Juga: Akhir Agustus 2019 Bakal Ada Balapan MiniGP Nih Di Sentul

Pembalap Suzuki tersebut menyudahi balapan dengan waktu 40 menit 12,799 detik. Rins mengungguli Marquez dengan selisih waktu hanya 0,013 detik. Di belakang Marquez, ada Vinales yang finis ketiga, sementara Valentino Rossi tempat keempat.

Ini adalah kemenangan kedua Rins di MotoGP 2019, usai memenangi MotoGP Amerika Serikat. Sedangkan Marquez gagal meraih kemenangan keduanya di Inggris sejak terakhir juara pada 2014. MotoGP selanjutnya, akan digelar di San Marino pada tanggal 15 September 2019.

Hasil MotoGP Inggris 2019:

1. A. Rins 40 menit 12,799 detik
2. M. Marquez +0.013
3. M. Vinales +0.620
4. V. Rossi +11.439
5. F. Morbidelli +13.109
6. C. Crutchlow +19.169
7. D. Petrucci +19.682