POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Inggris 2023: Aleix Espargaro Tikung Francesco Bagnaia Di Lap Terakhir

Hasil MotoGP Inggris 2023: Aleix Espargaro Tikung Francesco Bagnaia di Lap Terakhir Aleix Espargaro (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - MotoGP Inggris 2023 berjalan sengit, di mana Aleix Espargaro berhasil keluar seabagai juara. Francesco Bagnaia berada di posisi kedua, disusul Brad Binder posisi ketiga.

Sebelum balapan, cuaca di Inggris masih samar-samar. Suhu udara di Sirkuit Silverstone tembus 16 derajat celcius dan suhu trek 24 derajat celcius, bahkan sempat hujan ringan saat pebalap sudah di posisi grid.

Posisi pole position ditempati Marco Bezzecchi, disusul Jack Miller dan Alex Marquez. Lampu hijau menyala, Jack Miller langsung melesat ke posisi terdepan diikuti Bezzecchi, Bagnaia, Alex, dan Vinales.

Lap pertama berlangsung sengit, dengan Bagnaia dan Bezzecchi berebut posisi kedua. Tapi, Miller kendur turun ke posisi ketiga, Pecco langsung mengisi baris terdepan.

Baca Juga: Sprint Race MotoGP Inggris 2023: Alex Marquez Posisi Pertama

Tiga besar MotoGP Inggris 2023

Memasuki lap keenam, Alex Marquez masuk ke pit karena mengalami masalh teknis. Kemudian Bezzecchi mengalami crash di tikungan ke-15.

Posisi lima besar langsung berubah, Aleix Espargaro masuk posisi kedua, disusul Binder dan Vinales. Sementara itu, duo pebalap Yamaha Marco Morbidelli dan Fabio Quartararo menempati posisi 10 besar.

Vinales mulai tampil agresif di sepertiga balap dan melewati Binder. Memasuki lap ke-13, marshal mengibarkan bendera putih tanda pebalap boleh mengganti motornya karena tunun hujan. Namun, empat pebalap terdepan belum mengganti motornya.

Memasuki lap ke-15, dua pebalap Aprilia saling beradu bermanuver agresif. Sedangkan, hujan mulai membasahi lintasan.

Baca Juga: Alex Rins Bakal Tandem Dengan Fabio Quartararo Di MotoGP 2024

Strategi di balap flag-to-flag sangat penting di sini. Tapi, Pecco, Espargaro, Vinales dan Binder belum mengganti motornya. Miguel Oliveira yang dikenal sebagai 'rain master' masuk ke posisi tiga besar, sedangkan Vinales turun ke posisi lima.

Memasuki lap terakhir, hujan turun lebih deras. Pecco, Espargaro dan Binder masih menggunakan ban kering, mulai menurunkan gasnya di setiap tikungan.

Espargaro bisa menyalip Bagnaia di lap terakhir yang memilih untuk bertahan. Sehingga, posisi pertama ditempati Espargaro, Bagnaia dan Binder.

Berikut Hasil Lengkap MotoGP Inggris 2023:

  1. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing
  2. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo
  3. Brad Binder RSA Red Bull KTM
  4. Miguel Oliveira POR RNF Aprilia
  5. Maverick Viñales SPA Aprilia Racing
  6. Jorge Martin SPA Pramac Ducati
  7. Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati
  8. Jack Miller AUS Red Bull KTM
  9. Johann ZarcoFRAPramacDucati
  10. Raul Fernandez SPA RNF Aprilia
  11. Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS
  12. Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS
  13. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati
  14. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha
  15. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha
  16. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda
  17. Iker Lecuona SPA LCR Honda