Hasil MotoGP Italia: Petrucci Raih Kemenangan, Tundukan Dovizioso Dan Marquez

Hasil MotoGP Italia: Petrucci Raih Kemenangan, Tundukan Dovizioso dan Marquez Foto: MotoGP.com

KabarOto.com - Balapan MotoGP kembali digelar, kali ini mengambil tempat di Sirkuit Mugello, Italia. Balapan seru sepertinya akan berlangsung, pasalnya Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) sangat ngotot ingin meraih kemenangan, ini terlihat pada kualifikasi kemarin (01/06) ia mencetak waktu terbaik.

Petrucci mengendarai motornya dengan sempurna untuk membuktikan nilainya, memberi Ducati kepulangan yang sempurna sebagai juara di Sirkuit Mugello.

Itu adalah pertemuan klasik di Srkuit Mugello yang luar biasa, ketika Danilo Petrucci mengatasi kegilaan putaran terakhir, serangan Marc Marquez (Repsol Honda), Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) dan tekanan rumah untuk meraih kemenangan pertamanya di MotoGP.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Mugello: Quartararo Dampingi Marquez Diposisi Depan

Marc Marquez gagal memenuhi ambisinya untuk memenangkan lomba di Sirkuit Mugello

Di musim kedelapan balap MotoGP, Petrucci hampir saja gagal dalam banyak kesempatan, mengalahkan Marquez dan Dovizioso dalam pertempuran putaran terakhir yang luar biasa. Sementara Alex Rins (Suzuki Ecstar), harus puas di tempat keempat walaupun berusaha keras untuk mengejar motor Honda dan Ducati di depannya.

Dari awal lomba, Marquez langsung memimpin lomba. Diikuti pembalap motor Honda dan Ducati. Sementara Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berada di posisi kedua, langsung tertinggal. Nah, disini terlihat jelas Honda dan Ducati lebih cepat daripada Yamaha.

Lap demi lap berlalu, ternyata posisi baris depan tidak berubah, Marquez memimpin diikuti Petrucci, Rins, dan Dovizioso. Keempat pembalap tadi terus saling mencoba menyusul, tak ayal jika ini menjadi tontonan menarik sepanjang lomba.

Baca juga: Valentino Rossi Gunakan Helm Bercorak Khusus di Mugello

Alex Rins lagi-lagi harus puas menempati posisi empat

Nasib kurang baik dialami Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), Jack Miller (Pramac Racing), dan Francesco Bagnaia (Pramac Racing), para pembalap tadi tidak bisa melanjutkan lomba karena terjatuh saat berlomba. Sayang bagi Rossi, debutnya dengan helm berdesain baru menjadi kurang afdol karena gagal menyelesaikan lomba.

Sementara Jorge Lorenzo (Repsol Honda) malah tercecer di belakang, entah mengapa Lorenzo sepertinya tidak bisa menundukan motornya. Padahal dari awal, Lorenzo digadang-gadangkan akan menjadi duet maut tim Repsol Honda bersama Marquez.

Balapan terus berlangsung sengit, bahkan Petrucci menyebutnya sebagai balapan paling gila. Karena harus konsentrasi penuh dan menguras fisiknya untuk mempertahankan posisi terdepan, dari gempuran Marquez dan Dovizioso.

Dovizioso sempat memimpin lomba saat balapan tinggal 4 lap lagi, ia menyusul Marquez dan Petrucci sekaligus di jalur lurus. Sayangnya, tidak lama kemudian Petrucci berhasil mengambil alih kembali pimpinan lomba.

Jelang akhir lomba, balapan berlangsung makin sengit antara Petrucci, Marquez, dan Dovizioso. Rupanya pemilihan jenis kompon ban medium menjadi alasan Petrucci begitu stabil di belokan, sementara Marquez memilih menggunakan kompon ban hard.

Akhirnya Petrucci berhasil menyudahi balapan dengan memenangkan lomba, disusul Marquez, Dovizioso dan Rins di belakangnya. Sementara Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Quartararo harus puas menempati tempat ketujuh dan sepuluh.

Hasil Lomba MotoGP Mugello

Posisi No Pembalap dan Tim Waktu
1
9
Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati)
41:33.794
2
93
Marc Marquez (Repsol Honda)
+0.043
3
4
Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati)
+0.338
4
42
Alex Rins (Suzuki Ecstar)
+0.535
5
30
Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU)
+6.535
6
12
Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)
+7.481
7
51
Michel Pirro (Mission Winnow Ducati)
+13.288
8
35
Cal Crutchlow (LCR Honda CASTROL)
+13.937
9
44
Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing)
+16.533
10
20
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)
+17.994