Hasil Kualifikasi MotoGP Mugello: Quartararo Dampingi Marquez Diposisi Depan

Hasil Kualifikasi MotoGP Mugello: Quartararo Dampingi Marquez Diposisi Depan Foto: MotoGP.com

KabarOto.com - Balapan MotoGP kali ini digelar di Sirkuit Mugello,Italia, ini merupakan sebuah sirkuit balap yang terletak di dekat Firenze. Sirkuit ini dibangun pada tahun 1974 dan digunakan untuk kejuaraan Superbike, A1GP dan MotoGP.

Pada balapan di Mugello kali ini, Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) berhasil memecahkan rekor waktu tercepat mengalahkan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) yang memegang rekornya tahun lalu. Namun, yang berhasil memuncaki pole position di Sirkuit Mugello adalah Marc Marquez (Repsol Honda).

Sementara pembalap debutan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) secara mengejutkan meroket disetiap putarannya, dan menempati posisi kedua dibelakang Marquez.

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP 2019 Setelah Balapan di Le Mans

Danilo Petrucci mengukir rekor tercepat di Sirkuit Mugello

Nasib kurang mujur dialami oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Rossi, Rins terjatuh pada saat kualifikasi dan harus puas menempati posisi 13. Berbeda dengan Rossi, yang pada kualifikasi ini mengenakan helm berdesain baru, ternyata harus puas memulai balapan dari posisi ke-18.

Satu hal yang menarik, 3 pembalap Mission Winnow Ducati yakni Petrucci, Andrea Dovizioso, dan Michel Pirro berhasil menempati posisi barisan depan. Pirro selaku pembalap wild card, berhasil menunjukan talentanya sebagai pembalap muda.

Baca juga: Sepele, Ini Yang Membuat Penampilan Lorenzo Melempem MotoGP di Argentina

Valentino Rossi harus puas memulai balapan dari posisi 18

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dengan performa kualifikasi menakjubkan lainnya, berakhir sebagai Yamaha kedua pada hari di mana tim Independen mengungguli tim pabrikan. Jack Miller (Pramac Racing) berada di urutan kelima dan Cal Crutchlow dari Inggris (LCR Honda CASTROL) mengakhiri sesi kualifikasi di urutan keenam.

Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) menempati posisi ketujuh dan naik ke baris tiga, Francesco Bagnaia (Pramac Racing) akan mulai dari posisi kedelapan. Pemenang di sirkuit ini pada 2017, Andrea Dovizioso, menempati posisi kesembilan.

Bintang Jepang Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU) mengambil posisi kesepuluh, Pol Espargaro menempatkan Red Bull KTM Factory Racing RC16 di posisi kesebelas.

Balapan di Sirkuit Mugello ini bakal berlangsung seru, pasalnya 3 pembalap dari 3 pabrikan motor yang berbeda berada di barisan depan. Honda dan Ducati diklaim memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang Yamaha, namun bisa saja prediksi meleset jika para pembalap non pabrikan Yamaha ini berhasil menundukan lawan-lawannya di setiap tikungan yang menjadi keunggulan Yamaha.

10 Besar Kualifikasi MotoGP Mugello

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) 1'45.519
2. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 1'45.733 +0.214
3. Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) 1'45.881 +0.362
4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 1'45.959 +0.440
5. Jack Miller (Pramac Racing) 1'46.029 +0.510
6. Cal Crutchlow (LCR Honda CASTROL) 1'46.079 +0.560
7. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) 1'46.181 +0.662
8. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) 1'46.260 +0.741
9. Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) 1'46.293 +0.774
10. Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU) 1'46.387 +0.868