POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Valencia 2022 : Alex Rins Raih Kemenangan, Francesco Bagnaia Juara Dunia

Hasil MotoGP Valencia 2022 : Alex Rins Raih Kemenangan, Francesco Bagnaia Juara Dunia Alex Rins persembahkan kemenangan terakhir untuk Suzuki (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins berhasil raih kemenangan di MotoGP Valencia 2022, sementara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) raih gelar juara dunia aetelah finis ke-9 pada Minggu kemarin (06/11).

Francesco Bagnaia akhirnya menjadi juara dunia setelah gagal musim lalu. Sebelumnya, dengan keungulan 23 poin dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), ada beberapa skenario Bagnaia bisa meraih gelar. Salah satunya, apabila Quartararo tidak menang atau Bagnaia finis di posisi ke-14, pembalap asal Italia itu akan menjadi juara dunia. Tetapi, jika melewati posisi ke-14 dirinya tidak akan meraih gelar tersebut.

Baca juga: Enea Bastianini Berharap Raih Posisi 3 Besar Di MotoGP Valencia

Brad Binder raih podium kedua

“Rasanya sangat indah, balapan ini yang terbaik di musim ini. Saya berjuang keras untukj bertahan di posisi lima besar. Tetapi, setelah 3 lap awal saya tidak bisa mengontrol motor. Tapi, yang terpenting saya tetap bisa finis dan bisa meraih gelar Juara Dunia,” ungkap Francesco Bagnaia.

Sejak awal balapan, Rins memulai start yang apik dan langsung memimpin balapan dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) di urutan kedua. Marc Marquez (Repsol Honda) posisi ketiga dan diikuti oleh Jack Miller (Ducati Lenovo). Sedangkan, Quartararo dan Bagnaia bertarung memperebutkan lima besar.

Duel sengit antara kedua calon juara dunia itu pun tidak terhindarkan dan saling mendahului. Pol Espargaro (Repsol Honda) mengalami kecelakaan sementara Aleix Espargaro (Aprilia Racing) mundur dari lintasan dan tidak melanjutkan balapan.

Jorge Martin raih podium ketiga

Dengan lima lap tersisa, Brad Binder (Red Bull KTM) menyalip Miller. Tidak lama kemudian, Miller terjatuh dan membuat Quartararo menduduki posisi posisi keempat. Dengan dua lap tersisa, Binder melewati Martin dengan Bagnaia dikejar Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2022, Jorge Martin Raih Pole Position, Fabio Quartararo Keempat

Bagnaia bersama Valentino Rossi usai GP Valencia selesai

Tetapi, Bagnaia bisa mempertahankan posisi sehingga finis kesembilan dan keluar sebagai juara dunia musim 2022. Rins menutup akhir musim dengan menyumbang kemenangan untuk Suzuki sebelum pisah dari MotoGP.

“Luar biasa, finis di akhir musim ini untuk Suzuki. Saya sangat bangga dan belajar banyak dari Suzuki. Memulai hidup saya di MotoGP bersama tim ini. Saya berterima kasih kepada mereka untuk selama ini,” ungkap Alex Rins.

Berikut Hasil MotoGP Valencia 2022 :

  1. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

  2. Brad Binder (Red Bull KTM) +0,396 detik

  3. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +1,059 detik

  4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +1,911 detik

  5. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +7,122 detik

  6. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +7,735 detik

  7. Luca Marini (Mooney VR46) +8,524 detik

  8. Enea Bastianini (Gresini Racing) +12,038 detik

  9. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +14,441 detik

  10. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) +14,676 detik