POPULAR STORIES

Hasil Reli Dakar 2023 Etape 1 : Ricky Brabec Raih Kemenangan, Daniel Sanders Kena Penalti

Hasil Reli Dakar 2023 Etape 1 : Ricky Brabec Raih Kemenangan, Daniel Sanders Kena Penalti Ricky Brabec (foto : Dakar)

KabarOto.com – Pereli Monster Energy Honda, Ricky Brabec otomatis menjadi pemenang Etape 1 Reli Dakar 2023 usai Daniel Sanders terkena penalti.

Sebelumnya, Daniel Sanders (GasGas Factory) menjadi pemenang di etape 1 dan Special Stage (SS) dengan total jarak tempuh 603 km yang mampu mencatatkan waktu 4 jam 12 menit dan 55 detik. Diikuti oleh Joan Barreda (Monster Energy JB Team) dengan gap 1 menit dan Brabec yang finis ketiga dengan gap 1:15 detik.

Baca juga: Honda Optimis Juara Di Reli Dakar 2023

Tetapi, kemenangan Sanders harus dianulir dan langsung melorot posisi kelima. Begitu pula dengan Barreda yang harus turun posisi keempat, kedua pereli tersebut harus terkena penalti karena melewati batas kecepatan di area tertentu. Alhasil, Brabec menjadi pemenang di etape pembuka musim 2023 ini.

Kevin Benavides

“Tujuan nomor satu bukanlah membuka panggung. Saya merasa cukup baik dan percaya diri setelah etape pertama. Tetapi, saya akan terus mencoba untuk hari demi hari dan memiliki target untuk tetap di 10 besar. Tentu itu akan sulit, tetapi, kita harus melakukannya,” ungkap Ricky Brabec.

Dalam Special Stage, Sam Sunderland (GasGas Factory) yang sempat memimpin sayangnya mengalami kecelakaan usai 15 km melewati pos pemeriksaan pertama. Alhasil, dirinya tidak bisa melanjutkan dan langsung di evakuasi ke rumah sakit menggunakan helikopter.

Baca juga: Penyelenggara Reli Dakar Umumkan Rute Untuk Musim 2023, Memiliki Rute Lebih Jauh

Toby Price

Persaingan makin memanas saat Sanders menyalip Barreda dan Toby Price (Red Bull KTM) yang menempati posisi kedelapan. Sementara, Kevin Benavides (Red Bull KTM) masih berjuang di posisi keenam, meskipun harus menempuh jalan panjang hingga akhir hari di tepi Laut Merah.

Hingga hasil akhir usai penalti, Ricky Brabec menjadi pemenang yang diikuti oleh Kevin Benavides dan Mason Klein (Bas World KTM Racing) di urutan tiga besar.

Berikut Hasil Etape 1 Reli Dakar 2023 Kategori Motor :

  1. Ricky Brabec (Monster Energy Honda) 4 jam 14 menit 10 detik

  2. Kevin Benavides (Red Bull KTM) +19 detik

  3. Toby Price (Red Bull KTM) +39 detik

  4. Joan Barreda (Monster Energy JB Team) +45 detik

  5. Daniel Sanders (GasGas Factory) +45 detik

  6. Mason Klein (Bas World KTM) +1:14 detik

  7. Pablo Quintanilla (Monster Energy Honda) +2:07 detik

  8. Adrien Van Beveren (Monster Energy Honda) +4:17 detik

  9. Skyler Howes (Husqvarna Factory) +5:12 detik

  10. Matthias Walkner (Red Bull KTM) +5:26 detik