POPULAR STORIES

Hasil WRC Monte Carlo 2023 : Sebastian Ogier Memimpin

Hasil WRC Monte Carlo 2023 : Sebastian Ogier Memimpin Sebastian Ogier meraih kemenangan di WRC Monte Carlo 2023 (foto ; WRC)

KabarOto.com – Pereli tim Toyota Gazoo Racing, Sebastien Ogier berhasil meraih kemenangan di WRC Monte Carlo 2023 usai menjadi yang tercepat, Minggu (22/1).

Sebastian Ogier kini mencetak rekor kemenangan kesembilannya di WRC Monte Carlo. Tetapi, dirinya harus mewaspadai rekan setimnya, Kalle Rovanpera yang terus memberikan tekanan. Sang pemegang rekor itu memulai balapan dengan gap 36 detik, namun Rovanpera mampu mengejar hingga gap menjadi 16 detik menjelang empat etape terakhir hari Minggu.

Baca juga: Toyota Pamer GR Yaris Untuk Melakoni WRC 2023

Kalle Rovanpera finis kedua

“Saya rasa keunggulan ini sudah cukup. Ini adalah etape yang paling berbahaya dan banyak pereli yang mengalami kerusakan pada mobilnya. Jadi, saya bisa santai sejenak dan saya senang etape ini sudah selesai,” ungkap Sebastian Ogier.

Sang Juara Dunia WRC 2022 itu mampu menggunguli Ogier berkat menang telak di Special Stage (SS) 14 yang berlangsung di malam hari. Adapun, Thierry Neuville (Hyundai Motorsport) mampu menempati posisi tiga besar meski terpaut 32 detik dari pemimpin balapan.

Thierry Neuvile finis tiga besar

Baca juga: WRC Pensiunkan Nomor Balap 43 Untuk Hormati Ken Block

“Tidak apa-apa. Sejujurnya, kami memiliki ritme yang bagus. Namun, di tikungan cepat saya tidak memiliki grip dan hanya meluncur. Di bagian jalur sempit kami mampu melewatinya. Kami menjalani etape yang bagus tapi saya melewati lompatan yang besar dan saya merasakan sedikit sakit di bagian punggung,” ungkap Thierry Neuville.

Sayangnya, dua rekan setim Neuville yaitu Dani Sordo mengalami masalah karena sistem hybrid bermasalah yang membuatnya tidak mampu mengeluarkan potensi penuh Hyundai i20 N Rally, sehingga dirinya harus puas finis di posisi ketujuh. Sedangkan Esapekka Lappi mengalami kerusakan pada bagian belakang mobil dan harus puas finis di posisi kedelapan.

Hasil podium akhir WRC Monte Carlo 2023

Berikut Hasil Klasemen Usai WRC Monte Carlo 2023:

  1. Sebastian Ogier (Toyota Gazoo Racing) 2 jam 27 menit 11,5 detik

  2. Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) +18,8 detik

  3. Thierry Neuville (Hyundai Motorsport) +44,6 detik

  4. Elfyn Evans (Toyota Gazoo Racing) +1:12 detik

  5. Ott Tanak (M-Sport Ford) +2:34 detik

  6. Takamoto Katsuta (Toyota Gazoo Racing) +3:32 detik

  7. Dani Sordo (Hyundai Motorsport) +3:47 detik

  8. Esapekka Lappi (Hyundai Motorsport) +3:51 detik

  9. Yohan Rossel (PH Sport) +10:07 detik

  10. Nikolay Gryazin (Toksport) +10:08 detik