POPULAR STORIES

Hati-hati, Aksesori Di Dasbor Potensi Berbahaya

Hati-hati, Aksesori di Dasbor Potensi Berbahaya Sumber Gambar : The Guardian

KabarOto.com – Sobat KabarOto atau sebagian pemilik mobil pasti pernah melihat atau bisa jadi salah satu orang yang menaruh pajangan di dasbor mobil, bisa berupa mainan, hiasan, dan sebagainya. Tujuannya tentu mempercantik tampilan mobil, atau merepresentasikan diri sang pemilik mengenai kesukaannya atau hobinya.

Namun apa kalian tahu? Ternyata memasang pajangan di dasbor itu cukup berbahaya loh. Bukan pada saat berjalan normal, melainkan saat terjadi insiden misalnya kecelakaan, maka pajangan yang tadinya lucu, bisa jadi malapetaka tersendiri.

Sumber : Walmart

Dewan Keselamatan Jalan Malaysia (MKJR) menjelaskan bahwa hiasan di dasbor bisa berpotensi menimbulkan cedera parah, apabila terjadi kecelakaan.

Baca Juga : Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25, Perayaan 25 Tahun Kerjasama Di Balap

“Ini karena benda-benda itu rapuh dan biasanya terbuat dari kombinasi kaca dan plastik. Mereka memiliki tepi yang tajam dan tidak menempel secara permanen ke dasbor. Selain itu, aksesori dapat menghalangi proses penyebaran airbag, mencegahnya berfungsi sebagaimana mestinya,” jelas dalam sebuah pernyataan.

Paling mengkhawatirkan ialah, aksesori tersebut pecah dan berubah menjadi proyektil. Ini berpotensi terjadi ketika kecelakaan pada kecepatan tinggi, atau ketika objek terjepit di lintasan pengembangan airbag.

Sedikit informasi, airbag mengembang dengan kecepatan ledakan sekitar 160 hingga lebih dari 350 kpj. Sehingga bisa dibayangkan apabila aksesori dasbormu terpental dengan kecepatan seperti itu.