POPULAR STORIES

Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25, Perayaan 25 Tahun Kerjasama Di Balap

Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25, Perayaan 25 Tahun Kerjasama di Balap

KabarOto.com - Bagi Sobat KabarOto yang gemar koleksi mobil kencang lansiran Jerman. Sepertinya Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25 racikan Porsche Motorsport untuk perayaan 25 tahun Manthey-Racing GmbH, bisa menjadi pilihan tepat.

Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25 diklaim bahwa serius didesain dan dikembangkan oleh Porsche Motorsport dan Manthey-Racing GmbH untuk track day dan balapan di sirkuit.

Baca juga: Porsche Kirim 153.656 Unit Mobil Sepanjang Semester Pertama 2021

Manthey-Racing GmbH di balap ketahanan andalkan Porsche 911



Tak banyak produksinya dibuat, hanya 30 unit 911 GT2 RS Clubsport 25. Porsche memastikan unit ini tak jauh beda dengan Porsche 935 yang diperkenalkan tahun 2018, juga memakai basis 911 GT2 RS Clubsport andalkan mesin enam silinder 3.800 cc suguhkan tenaga 690 dk.

Begitu pula dengan transmisinya tujuh percepatan Porsche dual-clutch gearbox (PDK) yang menyalurkan performa penuh ke roda belakang. Tentu saja ada yang beda di 911 GT2 RS Clubsport 25 berupa detail khusus layaknya mobil balap masa depan Porsche.

Markas Manthey-Racing GmbH



Merunut sejarah, Matthias Scholz, Director GT Racing Cars, angkat bicara bahwa, “Porsche Motorsport dan Manthey telah memenangkan banyak balapan dan kejuaraan sejak tim ini didirikan 25 tahun lalu – misalnya tujuh kali balap ketahanan 24 hours Nürburging."

Inspirasi 911 GT2 RS Clubsport 25 berasal dari Manthey 911 GT3 R, oleh penggemar Nürburgring dijuluki "Grello" karena warna hijau (green) dan kuning (yellow) yang khas.



Banyak komponen tambahan untuk menyempurnakan tampilan, menunjukkan kemampuan Manthey di dunia balap selama 25 tahun. Bila dibandingkan dengan 911 GT3 R yang digunakan balap Manthey, optimalisasi aliran udara untuk pendinginan mesin di berbagai kecepan mobil. Penempatan radiator untuk memastikan terhindar dari benturan.

Mendesain ulang kisi-kisi depan yang kini terdapat lubang tengah agar aliran udara tetap lancar. Seperti 'Grelo', terdapat bilah sebagai peningkat daya tekan aerodinamika di roda depan. Selain itu penggunaan serat karbon di lid depan.



Aerodinamika memang menjadi fokus di 911 GT2 RS Clubsport 25, terlihat adanya kisi di atas atap untuk melepas panas ke sayap belakang. Adanya kisi NACA yang ditempatkan di tengah dipermanis emblem Porsche memasok udara segar di kokpit.

Rancangan sistem pendinginan terbaru untuk radiator melalui kisi fender roda juga memberi keuntungan ke pendinginan rem depan.



Setidaknya ada 25 komponen yang disematkan di 911 GT2 RS Clubsport 25. Salah satunya adalah pelek 18 inci dengan penguncian tengah. Sistem kontrol elektronik serta steering gear serupa yang digunakan di 935 terbaru.

Baca juga: Porsche 928 1979 Bekas Tom Cruise Ini Dilelang

Bagian buritan mobil juga mendapat sentuhan modifikasi. Sayap belakang berfitur pelat di tiap sisi dengan braket swan-neck. Spoiler belakang yang lebar sepaket dengan bodi, seperti modern 935.



Sistem penerangan seperti mobil balap dengan desain empat garis, terinspirasi dari 911 RSR yang menang di Le Mans. Roll cage terpasang dengan baik sesuai standar FIA, sehingga pengendara atau penumpang di dalam terlindungi baik ketika insiden.