POPULAR STORIES

Hati-Hati, Begini Cara Pasang Busi Brisk Yang Benar

Hati-Hati, Begini Cara Pasang Busi Brisk yang Benar Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Mengganti busi menjadi hal wajib dilakukan secara rutin apabila motor sudah mencapai jarak tertentu. Namun zaman sekarang, mengganti busi bukan hanya sebagai perawatan rutin loh, melainkan jadi sarana penambah tenaga motor. Karena produsen sekarang banyak melakukan inovasi supaya pembakaran yang dilakukan busi lebih sempurna.

Salah satu produsen busi banyak berinovasi adalah Brisk, punya berbagai model kepala dan bahan konduktor misalnya silver. Tapi perlu diperhatikan, jangan asal mengganti busi sendiri apalagi dengan cara yang salah. Akibatnya busi bisa lepas dari seal di dalam mesin. Oleh karena itu, ini tips cara aman untuk memasang dan mengencangkan busi lansiran Brisk.

Baca juga: Jika Ini Dilakukan, Busi Motor Bisa Terkikis Habis

Anjuran pemasangan busi bisa dilihat pada sisi box.

“Untuk Brisk, khususnya yang menggunakan bahan silver. Karena konduktornya paling tinggi, memiliki kekurangan karena bahannya yang cukup lunak,” jelas Joanito selaku Marketing Communication Brisk Indonesia.

Apabila membeli busi Brisk khususnya yang berbahan dasar silver seperti varian X-Line, Premium LGS, dan sebagainya, perhatikan pada bagian samping selalu ada panduan cara pemasangannya.

“Jadi apabila pakai busi Brisk silver ini, tidak semerta-merta lepas busi, lalu dikencangkan menggunakan tangan lalu dikencangkan lagi, itu cara yang salah, tidak boleh seperti itu. Karena akan beresiko busi lepas dari sealnya,” jelas Joanito.

Baca juga: Ini Beragam Busi Brisk Untuk Motor Harian

Disarankan apabila menggunakan kunci torsi diset sesuai rekomendasi yakni 13 Nm, atau bisa menggunakan tangan tapi dengan kekuatan secukupnya, sekitar sudut kemiringan 30 derajat sudah cukup.