POPULAR STORIES

Hennessey Venom F5 Ingin Sodok SSC Tuatara

Hennessey Venom F5 Ingin Sodok SSC Tuatara Sumber Foto : Hennessey

KabarOto.com – Produsen supercar asal Amerika Serikat, Hennessey resmi meluncurkan hypercar terbaru mereka yaitu Hennessey Venom F5. Pembuatan mobil ini bekerja sama dengan desainer John Heinricy. Adapun Heinricy sendiri terkenal karena banyak mendesain mobil super lainnya seperti McLaren 600LT dan Porsche Cayman GT4.

Sementara sang pendiri perusahaan yaitu John Hennessey mengatakan bahwa hypercar terbaru ini tidak hanya untuk meraih top speed tertinggi di dunia, tetapi juga menawarkan kenikmatan berkendara yang tidak tertadingi oleh rival-rivalnya. Dia juga mengatakan mobil ini hanya akan diproduksi sebanyak 24 unit saja, dimana 12 unit ini sudah terjual kepada konsumen.

Baca Juga : All New Hyundai Palisade Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp777 Juta

John juga menegaskan bahwa Hennessey Venom F5 akan menjadi contoh awal pengembangan aerodinamika mobil-mobil terbaru Hennesey. “Hanya saja untuk performanya tidak akan ada yang sebanding dengan Venom F5,” ungkap John Hennessey.

Hennessey Venom F5 tentunya akan melawan langsung Buggati Chiron Super Sport dan Koenigsegg Agera RS dan SSC Tuatara. Ketiga hypercar tersebut merupakan pemecah rekor mobil tercepat dunia, terutama SSC Tuatara yang baru-baru ini memecahkan rekor kecepatan hingga 508 kpj.

Bicara soal sasis, keseluruhan bodi dari Venom F5 terbuat dari serat karbon dengan konsep monokok. Alhasil bobot sasis ini hanya 86 kg saja. Soal desain, mobil ini mementingkan aerodinamis berkat penggunaan spoiler bawah, hypercar ini memiliki koefisien drag hanya 0,39 Cd.

Dari segi interior, bentuk setir sendiri seperti model F1 dengan instrumen kluster ukuran 7 inci ini terinspirasi dari pesawat tempur. Tentunya bagian interior sendiri terlihat mewah berkat penggunaan bahan kulit alcantara dikombinasikan dengan kursi model sport berbahan serat karbon. Pada bagian headunit ini sudah memiliki fitur Android Auto dan Apple CarPlay.

Bicara soal performa, Hennessey Venom F5 diperkuat mesin V8 Twin-Turbo berkapasitas 6.600 cc yang mampu mengasilkan tenaga hingga 1.817 dk dengan torsi 1.617 Nm. Dari hasil tes pertama mobil ini dapat melesat 0-100 kpj hanya dalam 2.6 detik saja, sementara 0-299 kpj tuntas dalam 8,4 detik saja. Hasil performa ini tentu lebih cepat dari mobil balap F1, hasil tersebut dapat diraih karena Venom F5 memiliki bobot hanya 1.360 kg saja.

Baca Juga : Ini Spesifikasi Komplet SSC Tuatara Yang Pecahkan Rekor Kecepatan Dunia 2020

Bagian kaki-kaki, suspensi model double wishbone dengan coilover lansiran Penske. Guna mengimbangi performa, di bagian pengereman cakram lansiran Brembo berbahan karbon sebagai standar disandingkan dengan kaliper AP Racing. Dalam keadaan standar, mobil ini miliki 5 driving mode yaitu Sport, Track, Drag, Wet, dan F5.

Tidak puas dengan hasil tersebut, pihak Hennessey rencananya akan menguji performa yang kedua kalinya dari Venom F5 pada awal tahun 2021 di fasilitas khusus NASA di Florida, Amerika Serikat. lintasan tes ini memiliki panjang sejauh 3,2 mil atau setara 4,9 km. Bicara soal harga, mobil ini dibanderol US$ 2,1 juta atau setara Rp 2,97 miliar.