Hindari Dehidrasi Saat Naik Motor Dengan Cara Ini

Hindari Dehidrasi Saat Naik Motor dengan Cara Ini Jika melintasi perjalanan panjang, dua jam harus beristirahat

KabarOto.com - Saat ini beberapa wailayah di pulau Jawa mengalami cuaca ekstream. Siang harus sangat panas, teriknya matahari terkadang membuat pengendara motor berkeringat. Hal itu membuat kulit terbakar sinar matahari, denyut jantung berdetak kencang dan tekanan darah menurun karena kehilangan banyak cairan.

Alfian Dian Pradana selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng menjelaskan dampaknya, di antaranya pengendara akan mudah lelah, konentrasi menurun, emosi tidak stabil, sakit kepala, mual, dan beberapa orang bisa mengalami pingsan. Maka penting bagi pengendara untuk mengetahui penanganan yang tepat.

Baca juga: Honda NT1100, Era Baru Motor Sport Touring

Untuk itu, hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan rute yang akan dilewati, cari rute yang paling efisien, sehingga bisa memangkas jarak dan waktu saat berkendara dengan memilih jalur alternatif yang aman.

Cuaca panas bisa membuat dehidrasi pengendara motor

Kemudian kedua siapkan air minum untuk mengganti cairan yang keluar melalui keringat, upayakan meminum air putih, mineral ataupun minuman isotonic.

Terakhir gunakan riding gear yang longgar, seperti jaket yang berbahan ringan, serta hindari warna hitam supaya panas sinar matahari bisa diminimalkan.

Selain itu, gunakan helm yang ada ventilasi agar sirkulasi udara dikepala lancar, sarung tangan yang tidak kaku, serta sepatu riding yang lebih fleksibel saat berkendara di terik matahari.

Alfian menambahkan, jika perjalanan harus ditempuh dalam waktu yang lama, usahakan setiap 2 jam berkendara harus berhenti untuk beristirahat. "Bisa lebih pendek tergantung keadaan dan kondisi menurunnya tubuh," terangnya.

Baca juga: Punya Motor Honda Produksi 2018 Ke Bawah? Ada Paket Servis Menarik Nih

Bahaya jika berkendara dalam kondisi konsentrasi yang rendah dan rasa kantuk yang menyebabkan tidur sesaat (microsleep) yang mengakibatkan kecelakaan saat berkendara.

“Penting bagi kita untuk mengetahui dampak dan solusi menghadapi cuaca panas terik matahari saat riding, agar terhindar dari kecelakaan," tutup Alfian.