POPULAR STORIES

Hindari Kecelakaan Fatal, Jalur Cikidang Dipasangi Roller Barrier

Hindari Kecelakaan Fatal, Jalur Cikidang Dipasangi Roller Barrier

KabarOto.com - Cikidang merupakan jalur alternatif menuju tempat wisata Pelabuhan Ratu dan juga Sukabumi Jawa Barat. Namun kondisi jalannya yang berisi tikungan tajam di tanjakan dan turunan membuat daerah ini rawan kecelakaan. Untuk menghindarinya, jalur ini dipasang Safety Roller Crash Barrier atau Roller Barrier.

Dikutip dari Sukabumi Update, Kabid Transportasi Darat Dishub Jabar, Diding, menjelaskan, proses pemasangan dimulai pada kamis (27/12/2018), dan ini merupakan yang pertama.

Baca Juga: Ridwan Kamil Siapkan Rencana Cerdas Kurangi Kecelakaan Di Jawa Barat

Teknologi roller barrier ini dipasang sepanjang 60 meter, di sisi kanan jalan dari arah Cibadak. Teknologi ini sudah terbukti bisa mengurangi resiko kecelakaan yang fatal, atau masuk jurang.

Roller Barrier dapat menyerap energi benturan kendaraan menjadi energi rotasi (memutar)

Dibutuhkan sekitar 90 tabung silinder putar untuk mengisi jalur ini..“Safety Roller Crash ini merupakan bantuan CSR dari pengusaha Korea kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan untuk pertama kalinya dipasang di Cikidang Sukabumi,” jelas Diding.

Roller Barrier atau biasa lebih dikenal dengan Safety Rolling Barrier Guard Rails merupakan pembatas jalan yang dapat mencegah pengendara mobil mengalami kecelakaan fatal, sampai jatuh ke jurang.

Baca Juga: Pemprov Jawa Barat Luncurkan Bus Wisata Dengan Bentuk Unik

Roller Barrier dapat menyerap energi benturan kendaraan menjadi energi rotasi (memutar) sehingga dapat mengarahkan kendaraan kembali ke jalan ataupun menghentikannya.

Teknik pemasangannya tidak sulit, cukup ditancapkan pada tiang pancang ke tanah dan menjepitkan bola – bola roller barrier di tiang-tiang yang sudah terpasang.

Supervisor Proyek PT Tosi Solution mengatakan, pemasangan ini sudah hampir selesai, tinggal, finishing perataan tanah dan las baut supaya tidak hilang.

Berita Terkait

Berita Terkait