POPULAR STORIES

Hindari Kemacetan Saat Arus Balik, Pengguna Tol Diimbau Atur Waktu Kembali Ke Jabotabek

Hindari Kemacetan Saat Arus Balik, Pengguna Tol Diimbau Atur Waktu Kembali ke Jabotabek Ilustrasi (Jasa Marga)

KabarOto.com - Puncak arus balik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan terjadi pada Senin 1 Januari 2024. Untuk itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau bagi para pengguna jalan, khususnya yang melewati Jalan Tol Trans Jawa, untuk dapat mengatur waktu perjalanannya kembali ke Jabotabek.

Hal tersebut dilakukan agar arus balik lebih nyaman dan tidak menumpuk pada tanggal-tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus balik, serta dalam rangka menjaga waktu tempuh perjalanan dari Semarang menuju ke Jakarta, yaitu kurang dari 7 jam atau kecepatan rata-rata di 60 hingga 70 kpj.

Baca Juga : Potongan Tarif di Tol Trans Jawa Saat Libur Nataru, Catat Tanggalnya

“Hindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 1 dan 2 Januari 2024," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana.

Dengan adanya lonjakan tersebut, lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi yaitu pada Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau pertemuan kendaraan dari Bandung dan Cikampek menuju Jakarta.

Selain itu ada potensi kepadatan di beberapa lokasi ruas Tol Trans Jawa dari arah Semarang menuju Jakarta, terutama pada titik pertemuan simpul lalu lintas, akses keluar jalan arteri dan beberapa lokasi rest area.

"Oleh karena itu, Jasa Marga bekerjasama dengan Kepolisian dan instansi berwenang lainnya untuk melakukan rekayasa lalu lintas dalam mengantisipasi kepadatan di lokasi tersebut,” ujarnya.
'
Bagi pengguna jalan yang masih diberikan kelonggaran untuk melanjutkan periode mudiknya, dapat menggeser perjalanan dengan pilihan hari Sabtu-Minggu, 30-31 Desember 2023 maupun Rabu, 3 Januari 2024.

Baca Juga : Mudik dengan Mobil Listrik, Tersedia 624 SPKLU Selama Libur Nataru

"Khusus di hari Rabu, 3 Januari 2024, pengguna jalan dapat sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 10 persen yang akan berlaku di Jalan Tol Trans Jawa untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta (GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama),” ujar Lisye.