POPULAR STORIES

Hino Lakukan CSR Di Bidang Pendidikan

Hino Lakukan CSR di Bidang Pendidikan

Bertepatan pada acara pembukaan CS Contest 2016 dipusat pelayanan dan suku cadang PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di Jatake, Tangerang HMSI menyerahkan 11 unit Cutting Model Transmisi MX06S berikut stand kepada pusat pelatihan kerja pengembangan industri (PPKPI) pasar rebo, balai latihan kerja (BLK) kota Tangerang dan 8 SMK di Jakarta dan Tangerang yang terdiri dari SMKN 52 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 5 Jakarata dan SMK Muhammadiyah 2 Cileungsi. Cutting truck Model Transmisi MX06S tersebut telah dikonvirmasikan menjadi simulator untuk menumpang proses belajar mengajar di pusat pelatihan dan sekolah.

Kesebelas komponen simulator tersebut diserahkan secara simbolis oleh Hiroo Kayanoki , presiden Direktur HMSI kepada kepala PPKPI Pasar Rebo, kepada BLK kota Tangerang dan Kepala sekolah dari SMKN di Jakarta dan Tangerang.

"Pendidikan merupakan pangkal tolak yang penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan nyaman siap untuk bekerja dalam industri. Semoga kontribusi dari Hino Indonesia ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya dengan tujuan semakin mendekatkan teori dalam pendidikan dengan praktek nyata dalam industri" ujar Hiroo Kayanoki. Dengan adanya komponen simulator ini, diharapkan pembelajaran mengenai transmisi menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami secara aktual mengenai sistem kerja transmisi truk.

Pada prakteknya, hanya sebagian kecil SMK yang mengajarkan pengetahuan mengenai truk dan mesin diesel secara mendalam sedangkan industri otomotif yang bergerak dalam bidang produksi, penjualan dan pelayanan Purna jual truk dan mesin diesel memerlukan tenaga kerja yang handal dan siap kerja. Disini terdapat kesenjangan antara keterampilan kelulusan siswa jurusan otomotif yang tersedia dengan kebutuhan industri otomotif.

Hino Indonesia berusaha untuk menjembatani kesenjangan ini dengan melaksanakan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan, khususnya pendidikan otomotif. Pada tahun 2015 Hino Indonesia pernah melaksanakan kegiatan CSR dengan PPKPI Pasar Rebo dengan memberikan satu unit mesin W40D sebagai simulator pembelajaran, melaksanakan pelatihan untuk pelatih dan pelatihan bagi pengemudi dan mekanik. Hino Technician Manajemen Trainee (HTMT) di laksanakan secara berkala untuk melatih siswa lulusan SMK yang terpilih agar memiliki kompetensi dalam melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan Hino. Hino Indonesia juga memberikan komponen simulator kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) serta SMK-SMK lainnya di kabupaten Purwakarta.

Kegiatan CSR Hino Indonesia merupakan kegiatan yang berkesinambungan dan menjadi kegiatan resmi perusahaan dengan lingkup Pendidikan, Kesehatan, Social Budaya, Perlindungan lingkungan hidup dan Pemberdaya masyarakat. hino Indonesia akan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan hidup melalui program-program CSR nya.

Baca Juga: