Honda Astrea Grand Juga Jadi Saksi Sejarah Pos Indonesia Pada Zamannya

Honda Astrea Grand Juga Jadi Saksi Sejarah Pos Indonesia Pada Zamannya Foto: Kipli/ Deddy

KabarOto.com - Selain kedua mobil Toyota Dyna Rino dan Mitsubishi Colt L300 yang telah kita bahas, ada kendaraan milik Pos Indonesia yang menggunakan motor untuk mengantar paket kecil atau dokumen ke alamat lebih dekat jangkauan dalam kota, serta bisa digunakan masuk ke gang-gang kecil.

Sudah ada beberapa motor yang tercatat digunakan oleh Pak Pos meengantar surat sejak dahulu, salah satunya Honda Astrea Grand.

Motor ini cukup populer di Indonesia, diproduksi pada tahun 1990-an, Astrea Grand sudah dibekali mesin 100 cc dengan transmisi manual 4 percepatan. Memang relatif biasa saja untuk zamam sekarang, namun dulu terbilang cukup canggih ketimbang motor bebek lainnya.

Baca Juga: Kurangi Kecelakaan, Gojek Gandeng Korlantas Polri Gelar Pelatiihan Berkendara

Astrea Grand dibuat untuk meneruskan generasi Astrea Prima, motor ini juga diberikan julukan motor sejuta umat saat itu, saking banyak penggunanya. Namun, saat krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1998 motor tersebut dihentikan produksinya, berganti generasi Astrea Legenda, Astrea Supra dan lainnya.

Karena punya reputasi baik dan terkenalnya motor ini, banyak orang yang menjual Astrea Grand kondisi ‘baru’/ new old stock zaman sekarang dengan harga sangat mahal. Bahkan ada yang dihargai sekitar Rp 45-80 juta kondisi masih terbungkus plastik seperti baru keluar diler.

Sekarang, Astrea Grand sudah tinggal kenangan, digantikan motor lebih baru, yakni Honda Absolute Revo. ternyata hubungan Honda dan Pos Indonesia cukup erat loh, bahkan sejak 1995 tercatat sudah 22.916 unit motor Honda sebagai armada Pos Indonesia.