POPULAR STORIES

Honda Canangkan Elektrifikasi Hingga Tahun 2040

Honda Canangkan Elektrifikasi Hingga Tahun 2040

KabarOto.com - Masa depan mobil sepertinya sudah dipastikan akan semuanya bertenaga listrik. Termasuk Honda yang sudah mencanangkan akan lebih serius untuk pengembangan produknya di Amerika Utara dan Tiongkok.

Hal tersebut diungkapkan oleh Honda CEO terbaru, Toshihiro Mibe, bahwa kendaraan battery-electric dan fuel cell akan mencapai 40% pada tahun 2030 di negara tersebut di atas.

Baca juga: Honda HR-V Terbaru dapat Sentuhan Sporty dari Mugen

Adapun menyusul menjadi 80% pada tahun 2035, kemudian akan menjadi 100% penjualan mobil bertenaga listrik di seluruh dunia pada tahun 2040.



Di Amerika Utara, Honda akan beraliansi dengan General Motors serta andalkan platform Ultium, sebagai platofrm mobil listrik terbaru yang disebut e:Architecture.

Mulai tahun 2023, dua kendaraan Ultium akan meluncur, satu mengusung nama Honda dan satunya lagi mengusung nama Acura. Keduanya akan hadir menjelang e:Architecture mengambil alih di separuh sisa dekade.

Berlanjut di Tiongkok bahwa Honda akan bergerak cepat dalam waktu lima tahun ke depan. Dimulai dengan hadirkan SUV bertenaga baterai listrik. Bulan April tahun 2022 sudah siap diniagakan. Honda di Tiongkok sekaligus memperkuat kerjasama dengan CATL dalam suplai rangkaian baterai.

"Di Tiongkok, kita sudah memperkenalkan model EV dengan memanfaatkan sumber lokal, dan akan lebih jauh mempercepat hal ini ke depan," ujar Mibe.



Dirinya menambahkan akan memperkenalkan lagi 10 mobil listrik Honda untuk lima tahun ke depan. "Awal dari 10 model tersebut, model massal yang berbasis dari Honda SUV e:prototype yang dijadwalkan mulai dijual tahun 2022."

Baca juga: Perdana di Dunia, Honda Kenalkan Teknologi dan Mobil Listrik Barunya

Di Jepang sendirinya dirinya menjabarkan bahwa EV/FCV rasio jualannya akan 20% tahun 2030, 80% pada 2035 dan 100% pada 2040. Diperkenalkan pula kendaraan hybrid-electric.

Perkenalan awal di Negeri Matahari Terbit tersebut adalah mobil listrik di segmen K-car atau minicar pada 2024. "Mulai berlanjut untuk elektrifikasi seluruh kendaraan mini dengan teknologi hybrid dan EV."