POPULAR STORIES

Honda Cars India Limited Hentikan Sementara Produksi

Honda Cars India Limited Hentikan Sementara Produksi

KabarOto.com - Kondisi perekonomian sepertinya masih belum pulih hingga penghujung tahun 2020 akibat dampak pandemi Covid-19. Hal ini membuat Honda Cars India Ltd. (HCIL) melakukan keputusan yang cukup mengejutkan dalam hal efisiensi pasokan produksi.

Adapun HCIL telah memutuskan untuk mengkonsolidasikan pengoperasian manufaktur kendaraan dan pasokan komponen di pabrik Tapukara di Rajasthan. Hal ini berdampak langsung untuk semua penjualan domestik dan ekspor.

Baca juga: Honda Recall Jutaan Mobil di Seluruh Dunia

Berarti HCIL menghentikan produksi di fasilitas Greater Noida. Meskipun begitu, fungsi dari Kantor Pusat, India R&D Centre and Spare Parts operations (termasuk gudang) untuk kendaraan roda empat, dua roda dan Power Product akan tetap berlangsung di Greater Noida.



Menyikapi keputusan tersebut, Mr. Gaku Naknishi, President & CEO, Honda Cars India mengatakan, "Meskipun terjadi peningkatan penjualan pada tiga bulan terakhir, nyatanya kondisi pasar tak bisa diprediksi untuk industri ini secara luas."

Gaku menegaskan bahwa dampak Covid-19 telah menekan HCIL untuk memperkuat konstitusi dan sekaligus menerima yang terjadi. "HCIL telah memutuskan untuk mengkonsolidasikan pengoperasian manufaktur dengan menjadikan Tapukara sebagai basis manufaktur terpadu."

Baca juga: Honda Masih Belum Mau Jualan Mobil Listrik

Adanya langkah efisiensi, HCIL mengakui sangat percaya dengan ketahanan ekonomi India dan berharap pasar segera pulih. "Bahkan HCIL berkomitmen menghadirkan model teknologi terbaru dan canggih termasuk kendaraan listrik di masa depan," sahut Gaku.

Sempat terhenti operasional akibat lockdown, namun semenjak mulai aktif lagi sejak September lalu, HCIL bisa segera memulihkan kondisi jualan. Honda Brio, Honda City, Honda Accord dan Honda CR-V adalah hasil produksi dari HCIL.